PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP PERILAKU DISIPLIN BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

Anggrianis Situmorang, Melita (2022) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP PERILAKU DISIPLIN BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
bab ii.pdf

Download (368kB)
[img] Text
lampiran (1)_compressed.pdf

Download (996kB)
[img] Text
dapus (1).pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Skripsi ini-compressed_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://Repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Situmorang, Melita Anggriani. 2022. Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Prilaku Disiplin Belajar Sejarah Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. H. Yundi Fitrah, Drs., M.Hum., Ph. D. (II) Anny Wahyuni, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Reward, Punishment, Prilaku Disiplin Belajar Sejarah Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Reward dan Punishment terhadap Prilaku Disiplin Belajar Sejarah Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Penelitian ini di kelas XII IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi (Sebagai data utama). Setelah angket diisi, data dianalisis secara kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Hasil penelitian menunjukkan hasil : (1) tidak terdapat pengaruh reward terhadap prilaku disiplin belajar sejarah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Berdasarkan uji t memperoleh thitung < ttabel (1,779<1,977). (2) terdapat pengaruh punishment terhadap prilaku disiplin belajar sejarah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Berdasarkan uji t memperoleh thitung > ttabel (6,667>1,977), yang artinya semakin tegas dan sesuai punishment yang diberikan atas kesalahan siswa maka prilaku disiplin siswa juga akan semakin meningkat. (3) terdapat pengaruh reward dan punishment terhadap prilaku disiplin belajar sejarah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Berdasarkan uji F memperoleh Fhitung > Ftabel (62,148> 3,06), artinya semakin menarik reward yang diberikan dan semakin tegas punishment yang diterapkan pada siswa maka akan semakin meningkatkan kedisiplinan siswa dalam belajar. Dari hasil penelitian ini disarankan agar kepala sekolah dan seluruh struktur dalam pendidikan turut serta mendukung kebijakan guru dalam penerapan reward dan punishment agar tercapai tujuan pendidikan yang tertib dan teratur.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Reward, Punishment, Prilaku Disiplin Belajar Sejarah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: SITUMORANG
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:51
Last Modified: 15 Jun 2022 01:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34735

Actions (login required)

View Item View Item