PENGEMBANGAN E-MODUL PELATIHAN APLIKASI GOOGLE WORKSPACE FOR EDUCATION UNTUK PENGUATAN KOMPETENSI LITERASI DIGITAL GURU MTs

ISKANDAR, DEDI (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PELATIHAN APLIKASI GOOGLE WORKSPACE FOR EDUCATION UNTUK PENGUATAN KOMPETENSI LITERASI DIGITAL GURU MTs. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
TESIS DEDI ISKANDAR P2A120034 UNJA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Iskandar, Dedi; 2021. “Pengembangan E-Modul Pelatihan Aplikasi Google Workspace for Education Untuk Penguatan Kompetensi Literasi Digital Guru MTs” Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Universitas Jambi, Tesis, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Zuwerni, M.Si., Pembimbing (II) Dr. Sofyan, M.Pd. Kata Kunci: Kompetensi Literasi Digital, E-Modul, Pelatihan Aplikasi Google Workspace For Education Kompetensi Literasi Digital guru merupakan bagian dari salah satu kualifikasi pendidik yaitu kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh guru. Kompetensi literasi digital guru bisa dikuatkan dengan menggunakan aplikasi pendidikan yaitu google workspace for education, namun tidak semua guru mengetahui fungsi aplikasi ini. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan e-modul pelatihan penggunaan aplikasi google workspace for education untuk penguatan kompetensi literasi digital guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan di MTs Kuala jambi. Penelitian pengembangan produk ini menggunakan kerangka kerja Analysis, Design, Development, Impelementation, dan Evaluation (Lee & Owens, 2004:2). Subjek penelitian adalah guru-guru di MTs kuala jambi, Penelitian yang dilakukan akan menghasilkan produk yaitu e-modul pelatihan “Aplikasi Google Workspace for Education”. Untuk menilai modul yang dikembangkan maka diterapkan uji validasi oleh ahli materi/isi, media, dan desain serta uji lapangan dengan menggunakan instrumen non tes berupa angket. Berdasarkan review para ahli tersebut maka didapatkan penilaian akhir modul memenuhi kriteria yaitu sangat baik dengan rata-rata keseluruhan skor dari masing-masing ahli, yaitu 98,64%, 84,20%, dan 80,00%. Modul juga dinyatakan valid dan dapat diterapkan pada uji lapangan. Pada uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil didapatkan rata-rata keseluruhan skor dari 5 (lima) aspek yang terdapat dalam angket memenuhi kriteria penilaian yaitu sangat praktis dengan masing-masing nilai 85,00% dan 89,00%. Uji coba kelompok besar yang melibatkan satu angkatan pelatihan didapatkan respon positif partisipan terhadap 31 (tiga puluh satu) pernyataan yang mencakup 5 (lima) kriteria yang harus dimiliki oleh sebuah modul yang baik. Hasilnya yaitu 18 (delapan belas) pernyataan mendapatkan persetujuan per indikatornya yaitu sangat setuju dan 13 (tiga belas) pernyataan mendapatkan persetujuan per indikatornya yaitu setuju. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan baik, menarik, memenuhi kriteria layak, dan dapat disarankan untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran pelatihan secara tatap muka maupun digunakan secara mandiri oleh pebelajar.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Literasi Digital, E-Modul, Pelatihan Aplikasi Google Workspace For Education
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Iskandar
Date Deposited: 16 Jun 2022 06:37
Last Modified: 16 Jun 2022 06:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34741

Actions (login required)

View Item View Item