Analisis Faktor-faktor Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SDN 182/I Hutan Lindung

Ranita, Ranita (2022) Analisis Faktor-faktor Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SDN 182/I Hutan Lindung. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (227kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB)
Official URL: Https://repositiry.unja.ac.ad/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis faktor-faktor kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 182/I Hutan Lindung dengan rumusan masalah yaitu, apa saja faktor-faktor yang menjadi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas II di SDN 182/I Hutan Lindung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang di peroleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu berupa teks deskriptif mengenai faktor kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas II sekolah dasar. Hasil penelitian ditemukan mengenai kesulitan siswa dalam membaca permulaan berdasarkan hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa kelas II yaitu, kesulitan mengenal huruf seperti pada siswa HS yang mengalami kesulitan dalam mengidentifikasikan huruf yang sesuai dengan bunyi huruf yang telah disebutkan, kesulitan membaca kata seperti yang di alami oleh siswa yang berinisial MM kemampuan membacanya masih rendah karena pada saat membaca siswa tersebut membacnya masih terbata-bata, kesulitan membaca lancar dengan nyaring dengan paham bacaannya seperti yang di alami oleh siswa yang berinisial JN mengalami kesulitan dalam mengeja dan membaca, Kesulitan Menyimak teks cerita dengan pendengaran seperti yang di alami oleh siswa yang berinisial siswa RZ mengalami kesulitan dalam menyimak dengan baik di sebabkan siswa RZ belum bisa membaca karena siswa RZ mengalami kesulitan dalam mengenal huruf dan bunyi huruf dengan benar. Solusi yang di berikan guru untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan terhadap siswa kelas II SDN 182/I Hutan Lindung yaitu; 1. Guru mengadakan jam tambahan bagi siswa yang masih kesulitan dalam membaca permulaan, 2. Guru memberikan perhatian lebih dan khusus untuk siswa yang masih tidak bisa membaca permulaan, 3. Membaca huruf dengan nyanyian, 4. Menampilkan huruf dan mendiskusikan bunyi huruf khusunya bagi huruf-huruf yang memiliki kemiripan seperti huruf m, w, v. n, dan p, q, d, b. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu kesulitan membaca permulaan di kelas II terdapat macam-macam kesulitan membaca, mulai dari kesulitan mengenal huruf, kesulitan membaca kata, kesulitan membaca lancar dengan nyaring dengan paham bacaannya, dan menyimak dengan pemahaman mendengar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Faktor Kesulitan Membaca Permulaan
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works

A General Works > AI Indexes (General)
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AI Indexes (General)

L Education > L Education (General)
Depositing User: Ranita
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:06
Last Modified: 15 Jun 2022 07:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34762

Actions (login required)

View Item View Item