ROSMALA DEWI, NURAFNI (2022) Identifikasi Tingkat Gejala Stress Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi Selama Pembelajaran Daring. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
cover.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) |
Abstract
Pembelajaran daring merupakan metode pembelajaran yang dilakukan secara online semenjak terjadinya pandemi covid-19 di Indonesia. Metode ini berbeda dengan pembelajaran secara tatap muka langsung dikelas. Sehingga mahasiswa harus mampu untuk beradaptasi dan melakukan penyesuaian terhadap pembelajaran tersebut. Pembelajaran daring memiliki sisi positif maupun negatif dalam penerapannya, hambatan maupun kendala kerap muncul selama mahasiswa mengikuti perkuliahan daring. Apabila mahasiswa mengalami kegagalan dalam mengatasi berbagai macam tuntutan maupun hambatan yang ada serta tidak mampu melakukan penyesuaian terhadap kejadian–kejadian yang menekan maupun tuntutan pembelajaran selama perkuliahan daring maka akan menyebabkan munculnya stress dalam diri mahasiswa. Stress akademik yang dialami oleh mahasiswa akan mempengaruhi kinerja maupun aktifitas mahasiswa dalam perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat gejala stress akademik yang dialami oleh mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi selama pembelajaran daring. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi angkatan 2019, 2020, dan 2021 yang berjumlah 308 orang mahasiswa, dengan sampel sebanyak 174 orang mahasiswa. Penarikan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner dengan pengukuran menggunakan model skala likert. Hasil penelitian mengenai identifikasi tingkat gejala stress akademik pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi selama pembelajaran daring yang diperoleh dengan cara penyebaran angket kepada 174 orang mahasiswa secara keseluruhan berada pada tingkat “Sedang” dengan presentase 57,5%. Sedangkan hasil penelitian berdasarkan indikator penelitian ditemukan hasil pada gejala kognitif berada pada tingkat “Tinggi” dengan presentase 60%, pada gejala emosional berada pada tingkat “Sedang” dengan presentase 56%, pada gejala fisik berada pada tingkat “Tinggi” dengan presentase 61%, dan pada gejala behavioral berada pada tingkat “Sedang” dengan presentase 53,7%. Kata Kunci: Stress Akademik, Pembelajaran Daring. Online learning is a learning method that has been carried out online since the covid-19 pandemic in Indonesia. This method is different from face-to-face learning in the classroom. So that students must be able to adapt and make adjustments to the learning. Online learning has both positive and negative sides in its application, obstacles and obstacles often arise when students take part in online lectures. If students experience failure in overcoming various kinds of demands and obstacles that exist and are unable to make adjustments to stressful events and learning demands during online lectures, it will cause stress in students. Academic stress experienced by students will affect student performance and activities in lectures. This study aims to describe the level of symptoms of academic stress experienced by Guidance and Counseling students of Jambi University during online learning. The approach used in this study is a quantitative approach with a descriptive type of research. The population in this study was all Guidance and Counseling students of Jambi University batches of 2019, 2020, and 2021 which amounted to 308 students, with a sample of 174 students. The sampling used is a simple random sampling technique. The data collection tool used is a questionnaire or questionnaire with measurements using a likert scale model. The results of the study on the identification of the level of academic stress symptoms in Guidance and Counseling students of Jambi University during online learning obtained by distributing questionnaires to 174 students as a whole were at the "Moderate" level with a percentage of 57.5%. While the results of the study based on research indicators found that the results on cognitive symptoms were at the "High" level with a percentage of 60%, in emotional symptoms it was at the "Moderate" level with a percentage of 56%, in physical symptoms it was at the "High" level with a percentage of 61%, and in behavioral symptoms it was at the "Moderate" level with a percentage of 53.7%. Keywords: Academic Stress, Online Learning.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stress Akademik, Pembelajaran Daring. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | DEWI |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 07:05 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 07:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34769 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |