PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CHEMOEDUTAINMENT PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA DI SMP NEGERI SATU ATAP

RAHMAN, NADA FITRI (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CHEMOEDUTAINMENT PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA DI SMP NEGERI SATU ATAP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
HALAMAN COVER.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
HAL PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI_NADA FITRI RAHMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Rahman, Nada Fitri. 2022. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Chemo-edutainment pada Materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya di SMP Negeri Satu Atap: Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Dr. Dra. Zurweni, M. Si. Pembimbing II: Dr. Drs. Harizon, M. Si. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Chemo-edutainment, Klasifikasi Materi dan Perubahannya, SMP Negeri Satu Atap. Mata Pelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran di SMP yang berkaitan dengan materi kimia dengan materi Klasifikasi Materi dan perubahannya sebagai materi pengantar. SMP Satu Atap adalah salah satu sekolah penunjang Pendidikan terkhusus pada daerah terpencil. Chemo-edutainment merupakan suatu konsep yang mengaitkan pembelajaran dengan konsep hiburan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur dan kelayakan secara konseptual/teoritis, mengetahui penilaian guru serta respon siswa terhadap multimedia interaktif berbasis chemo-edutainment pada materi klasifikasi materi dan perubahannya di SMP Negeri Satu Atap. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Lee & Owens dengan proses pengembangan samapi uji coba kelompok terbatas. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar wawancara dan angket. Hasil penelitian ini berupa multimedia interaktif berbasis chemo-edutainment yang divalidasi oleh ahli media dan materi, serta dinilai oleh guru memperoleh hasil yang baik dengan rerata skor yakni: 4,46 (sangat layak) pada validasi materi, 4,23 (sangat layak) pada validasi media, serta 4,47 pada penilaian guru. Kemudian mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dengan memperoleh persentase per-aspek yakni aspek tampilan media 87,86%; materi 81,67%; Bahasa 75,00%; kemanfaatan 86,00%. Berdasarkan pengembangan dan hasil yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa Multimedia interaktif berbasis chemo-edutainment pada materi klasifikasi materi dan perubahannya dapat dinyatakan layak untuk digunakan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Chemo-edutainment, Klasifikasi Materi dan Perubahannya, SMP Negeri Satu Atap
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: RAHMAN
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:48
Last Modified: 16 Jun 2022 03:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34770

Actions (login required)

View Item View Item