ARMANDA, WIRA (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS FLASH PADA PEMBELAJARAN HIKAYAT KELAS X SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
WIRA ARMANDA (A1B118089).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (12MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (337kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguraikan proses pengembangan, tingkat kevalidan, dan tingkat kepraktisan dari multimedia berbasis flash pada pembelajaran hikayat kelas X SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek uji coba pada penelitian ini ialah peserta didik kelas X MIPA 5 SMA Negeri 5 Kota Jambi. Jenis data pada penelitian pengembangan ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, angket validasi materi dan media, serta angket respons pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi materi memperoleh skor rata-rata 4 dengan kategori valid dan validasi media memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan kategori sangat valid. Angket respons guru memperoleh skor rata-rata 4 dengan kategori praktis. Uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata 4,25 dan 4,49 yang keduanya berkategori sangat praktis. Berdasarkan hal tersebut, multimedia berbasis flash yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran hikayat kelas X SMA.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Macromedia Flash, Hikayat |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Armanda |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 02:07 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 02:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |