NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SOSOK MOHAMMAD HATTA DALAM AUTOBIOGRAFINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA

Salamah, Umi (2022) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SOSOK MOHAMMAD HATTA DALAM AUTOBIOGRAFINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi_Umi Salamah_A1A218044_2018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
(0) COVER.pdf

Download (470kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP DAN SARAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter pada sosok Mohammad Hatta dalam Autobiografinya sebagai sumber belajar mata pelajaran sejarah di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif Deskriptif dengan pedekatan studi pustaka. Data penelitian ini beupa kutipan kata-kata, kalimat ataupun paragrap yang mengandung nilai pendidikan karakter pada sosok Mohammad Hatta. Sumber data berupa autobiografi Mohammad Hatta: Untuk Negeriku Sebuah Otobiografi yang diterbitkan oleh PT Kompas Nusantara. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan, ditemukan nilai pendidikan karakter dalam autobiorafi Mohammad Hatta yang terdiri atas sembilan nilai pendidikan karakter, yaitu: religius, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, cinta tanah air, demokratis, gemar membaca dan cita buku serta tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter yang ditemukan tersebut tersirat maupun tersurat dalam autobiografi Mohammad Hatta. Hasil penelitian ini adalah mengkaji sembilan nilai pendidikan karakter yang terdapat pada sosok Mohammad Hatta yang terdapat dalam outibiografinya yaitu religius, jujur, disiplin, toleransi dan peduli sesama, gemar membaca dan cinta buku serta bertanggung jawab. Keberadaan kedelapan nilai pendidikan karakter dalam diri Mohammad Hatta ini bisa dijadikan sebagai bahan ajar sejarah sekaligus untuk menanamkan pendidikan karakter peserta didik. Hasil penelitian ini ditemukan sembilan nilai pendidikan karakter Mohammad Hatta yang dapat dijadikan sebagai suber belajar sejarah di SMA. Dengan demikian nilai pendidikan karakter Mohammad Hatta bisa menjadi salah satu role model dalam membentuk pendidikan karakter peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Autobiografi, Nilai Pendidikan Karakte, Mohammad Hatta
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: SALAMAH
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:59
Last Modified: 15 Jun 2022 01:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34781

Actions (login required)

View Item View Item