Wulandari, Mashelin (2022) Pengembangan E-Modul Fisika Matematika I pada Materi Persoalan dengan Menggunakan Diferensial Parsial dan Permasalahan Titik Batas. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (756kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (569kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (684kB) |
Abstract
E-modul merupakan sebuah modul dalam bentuk elektronik yang merupakan inovasi dari modul cetak. E-modul disusun sedemikian rupa secara sistematis agar dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul fisika matematika I pada materi persoalan dengan menggunakan diferensial parsial dan permasalahan titik batas serta mengetahui persepsi mahasiswa terhadap e-modul yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (research & development) dengan model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (define, design, develop & disseminate). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini ialah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media serta angket persepsi mahasiswa. Data kuantitatif diperoleh dari lembar validasi ahli dan angket persepsi mahasiswa sedangkan data kualitatif diperoleh dari komentar ahli. Setelah data diperoleh, kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas A program studi pendidikan fisika angkatan 2019 FKIP Universitas Jambi. E-modul yang telah dikembangkan disebarkan menggunakan link yang dapat diakses menggunakan smartphone, laptop, dan komputer. E-modul ini divalidasi dengan beberapa kali revisi sehingga mendapatkan skor akhir sebesar 67 yang berada pada kategori sangat baik dari ahli materi dan skor 66 yang berada pada kategori sangat baik dari ahli media. Kemudian untuk uji coba dilakukan pada uji coba lapangan terbatas dan uji coba lapangan operasional. Pada hasil uji coba lapangan terbatas didapatkan rata-rata sebesar 50,2 yang berada pada kategori sangat baik. Selanjutnya pada uji coba lapangan operasional didapatkan rata-rata sebesar 60,133 yang dimana berada pada kategori sangat baik. E-modul yang dihasilkan memiliki beberapa kelebihan diantaranya kemudahan pengaksesan, ketersedian video dan kuis yang dapat memudahkan siswa untuk memahami materi. Berdasarkan e-modul yang dihasilkan dan hasil persepsi mahasiswa, maka didapatkan kesimpulan bahwa e-modul fisika matematika I pada materi persoalan dengan menggunakan diferensial parsial dan permasalahan titik batas dapat digunakan untuk proses perkuliahan fisika matematika I. E-module is a module in electronic form which is an innovation from the print module. E-modules are arranged in such a systematic way in order to assist students in understanding the material. The purpose of this study was to produce an e-module in mathematics physics I on the subject matter by using partial differential and boundary point problems and to find out students' perceptions of the developed e-module. The type of research used is R&D (research & development) with the development model used is a 4D model (define, design, develop & disseminate). The data collection instruments in this study were material expert validation sheets, media expert validation sheets and student perception questionnaires. Quantitative data was obtained from expert validation sheets and student perception questionnaires, while qualitative data was obtained from expert comments. After the data was obtained, then the data were analyzed using quantitative and qualitative descriptive statistics. The subjects of this research were students of class A physics education study program class of 2019 FKIP Jambi University. E-modules that have been developed are distributed using links that can be accessed using smartphones, laptops, and computers. This e-module was validated with several revisions so that it got a final score of 67 which was in the very good category from material experts and a score of 66 which was in the very good category from media experts. Then the trials were carried out on limited field trials and operational field trials. In the results of limited field trials, an average of 50.2 was obtained which was in the very good category. Furthermore, the operational field trials obtained an average of 60.133 which is in the very good category. The resulting e-module has several advantages including easy access, the availability of videos and quizzes that can make it easier for students to understand the material. Based on the resulting e-module and the results of student perceptions, it can be concluded that the mathematics physics e-module I on the subject matter using partial differentials and boundary point problems can be used for the mathematics physics learning process I.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, Fisika Matematika, Flip PDF Professional. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | WULANDARI |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 02:39 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 02:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |