Pengembangan E-Modul Fisika Matematika I Menggunakan Flip PDF Professional Pada Materi Operasi Matriks

Simamora, Nadia Natalia (2022) Pengembangan E-Modul Fisika Matematika I Menggunakan Flip PDF Professional Pada Materi Operasi Matriks. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (107kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (876kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)
Official URL: https://repoository.unja.ac.id/

Abstract

Penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar tidak terelakkan lagi salah satunya media pembelajaran berbasis elektonik seperti e-modul. Kegiatan belajar yang memanfaatkan teknologi ialah Fisika Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul Fisika Mamatika I menggunakan Flip PDF Profesional pada materi operasi matriks dan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap e-modul Fisika Matematika I pada materi operasi matriks yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian dan pengembangan (Research & Development). Adapun model pengembangan yang digunakan ialah model 4-D yang terdiri atas 4 tahapan diantaranya Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan Fisika angkatan 2019 Universitas Jambi. Data dalam penelitian terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah angket yang terdiri dari angket validasi materi, angket validasi media, dan angket persepsi mahasiswa. Analisis data kualitatif menggunakan analisis miles dan huberman dan data kuantitatif menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian diperoleh melalui validasi ahli dan persepsi mahasiswa. Pada validasi ahli materi diperoleh skor total sebesar 65 dengan kriteria sangat baik setelah melalui revisi sebanyak 3 kali. Lalu validasi ahli media diperoleh skor total sebesar 64 dengan kriteria sangat baik setelah melalui 3 kali revisi. Kemudian dilakukan uji coba lapangan terbatas terhadap e-modul kepada mahasiswa yang memperoleh hasil mean sebesar 55, 8 yang berada pada kriteria sangat baik. Lalu dilakukan uji coba lapangan operasional dengan hasil mean sebesar 58,16 dengan kriteria sangat baik. E-modul yang dikembangkan dinyatakan dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan dalam perkuliahan Fisika Matematika I pada materi operasi matriks karena e-modul dapat digunakan secara fleksibel dan memuat video dan kuis yang dapat mambantu mahasiswa dalam memahami materi. E-modul Fisika Matematika I pada materi operasi matriks menggunakan Flip PDF Professional dapat diakses menggunakan laptop, komputer, dan smartphone sehingga mahasiswa dapat menggunakan e-modul sebelum memulai proses belajar di kelas maupun setelah proses pembelajaran di kelas karena e-modul mudah untuk diakses. The use of technology in learning activities is inevitable, one of which is electronic-based learning media such as e-modules. Learning activities that utilize technology are Mathematical Physics. This study aims to develop the Mathematics Physics I e-module using Flip PDF Professional on the matrix operation material and to determine student perceptions of the Mathematics Physics I e-module on the developed matrix operation material. The research method used in this research is the research and development method. The development model used is a 4-D model consisting of 4 stages including Define, Design, Develop, and Disseminate. The trial subjects in this study were students of Physics education class 2019 Jambi University. The data in the study consisted of qualitative data and quantitative data. The data collection instrument used was a questionnaire consisting of a material validation questionnaire, a media validation questionnaire, and a student perception questionnaire. Qualitative data analysis using Miles and Huberman analysis and quantitative data using descriptive statistical analysis. The results of the study were obtained through expert validation and student perceptions. In the material expert validation, a total score of 65 was obtained with very good criteria after going through 3 revisions. Then the media expert validation obtained a total score of 64 with very good criteria after going through 3 revisions. Then a limited field trial was conducted on the e-module to students who obtained a mean result of 55.8 which was in very good criteria. Then an operational field trial was conducted with a mean result of 58.16 with very good criteria. The developed e-module can be used as additional teaching material in Mathematics Physics I lectures on matrix operations material because the e-module can be used flexibly and contains videos and quizzes that can help students understand the material. The Mathematics Physics I e-module on matrix operation material using Flip PDF Professional can be accessed using a laptop, computer, and smartphone so that students can use the e-module before starting the learning process in class or after the learning process in class because the e-module is easy to access.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Fisika Matematika I, Operasi Matriks, Flip PDF Professional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: SIMAMORA
Date Deposited: 15 Jun 2022 02:40
Last Modified: 15 Jun 2022 02:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34784

Actions (login required)

View Item View Item