IMPLEMENTASI LESSON STUDY DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENDESKRIPSIKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMAN 9 KOTA JAMBI PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

Fitriani, Fitriani (2022) IMPLEMENTASI LESSON STUDY DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENDESKRIPSIKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMAN 9 KOTA JAMBI PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan dan Persetujuan.pdf

Download (559kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BABB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Perkembangan pendidikan abad 21 menuntut dikembangkannya beberapa kemampuan, salah satunya kemampuan berpikir kritis (Critical thinking) yang nyatanya kemampuan berpikir kritis siswa Indonesia masih tergolong rendah. Maka dari itu dilakukannya penelitian ini yang bertujuan, untuk menerapkan pembelajaran Lesson Study dengan pendekatan STEM menggunakan TBLA dan kemudian akan dideskripsikan bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 3 SMAN 9 Kota Jambi setelah diterapkannya pembelajaran Lesson Study dengan menggunakan pendekatan STEM. Diterapkannya pembelajaran Lesson Study dengan pendekatan STEM ini juga sekaligus untuk melihat apakan pendekatan STEM efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dibantu dengan penggunaan TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) yang akan membantu peneliti untuk melihat secara detail bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa melalui percakapan. Setelah diterapkannya pembelajaran Lesson Study dengan pendekatan STEM, dengan bantuan TBLA di dapatkan hasil pada siklus I Lesson Study dengan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 3 yaitu sebesar 60,41% dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II didapatkan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yaitu sebesar 71,52% dengan kriteria kemampuan berpikir kritis yang cukup. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Lesson Study dengan pendekatan STEM yang dibantu dengan TBLA dapat digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisa kemampuan berpikir kritis siswa, serta dapat membantu dalam proses belajar. Kata Kunci: Lesson Study, STEM, Kemampuan Berpikir kritis, TBLA, gelombang bunyi

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lesson Study, STEM, Kemampuan Berpikir kritis, TBLA, gelombang bunyi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitriani
Date Deposited: 15 Jun 2022 02:33
Last Modified: 15 Jun 2022 02:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34785

Actions (login required)

View Item View Item