YANTI, MERI (2022) PROFESIONALISME APERATUR NEGARA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN MASYARAKAT DI KANTOR CAMAT SEKERNAN KABUPATEN MUARO JAMBI. S1 thesis, ILMU PEMERINTAH.
![]() |
Text
Skripsi Full Meri Yanti H1a117036.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
cover Skripsi Meri Yanti H1A117036.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan Skripsi Meri Yanti H1A117036.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
abstrak Skripsi Meri Yanti H1A117036.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
BAB I Skripsi Meri Yanti H1A117036.pdf Download (633kB) |
![]() |
Text
Kesimpulan Skripsi Meri Yanti H1A117036.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka Skripsi Meri Yanti H1A117036.pdf Download (451kB) |
Abstract
ABSTRACK Birokrasi pemerintahan seperti Kecamatan merupakan lembaga yang bertugas melayani masyarakat dan kepada publik umumnya. Sebagai lembaga publik ia dituntut memiliki SDM yang profesional dalam melayani masyarakat. Pemerintah Kecamatan Sekernan dalam dua periode ini banyak ditemukan berbagai kekurangan dalam melayani masyarakat, seperti; buku ruang tamu, pengunjung, dan fasilitas yang tidak memadai dalam penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat. oleh karena itu, berbagai kekurangan tersebut dianggap dapat ditutupi dengan kehadiran Aparatur Sipil Negara yang profesional untuk meningkatkan pelayanan kepada publik. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan profesionalisme ASN dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kantor Camat Sekernan. Berbekal penelitian kualitatif, penelitian ini memperoleh data dari sejumlah partisipan, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa profesionalisme ASN di Kecamatan Sekernan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat belum sepenuhnya mengikuti peraturan perundang-undangan, namun mengikuti Peraturan Bupati terkait kode etik pegawai negeri. Pemerintahan Kecamatan Sekernan memfasilitasi para pegawainya untuk melakukan pengembangan karir dengan berbagai kegiatan, seperti pelatihan dan workshop. Selain itu, ditemukan juga bahwa kendala profesionalisme ASN dalam meningkatkan pelayanan masyarakat ialah latar belakang pendidikan SDM atau ASN di Kantor Camat Sekernan ditempatkan pada unit kerja namun tidak sesuai kompetensi atau latar pendidikan pegawai dikarenakan adanya intervensi pemerintah Kabupaten terkhusus Sekretaris Daerah. Selain itu sarana dan prasarana tidak memadai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mendukung terhadap kinerja. Sedangkan upaya yang dilakukan dalam meningkatkan profesionalisme ASN dalam melayani masyarakat ialah melakukan pengembangan karir pegawai dan memberi penilaian terhadap kinerja yang telah dilakukan oleh masyarakat. Kata Kunci: Profesionalisme Aparatur Sipil Negara, Meningkatkan Pelayanan
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Yanti |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 07:05 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 07:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |