Elita siahaan, Lenny (2022) PENGGUNAAN VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI PENGARUH HINDU BUDHA DI INDONESIA SISWA KELAS X IPS 1 SMA 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI LENY ELITA SIAHAAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
cover .pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
persetujuan .pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
pengeshan 1.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
Abstract
ABSTRAK Siahaan, Lenny Elita. 2022. Penggunaan Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Pengaruh Hindu Budha di Indonesia Siswa Kelas X IPS 1 SMA 1 Kota Jambi. Pembimbing (I) Dr. Drs. Maizar Karim, M. Hum,. Pembimbing (II) Apdelmi,M.Pd,. Kata Kunci: Video Pembelajaran, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan yang dialami oleh siswa kelas X IPS 1 SMA 1 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2022/2023 untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 dengan menggunakan video pembelajaran pada materi Pengaruh Hindu Budah di Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SMA 1 Kota Jambi pada Februari 2022. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan lembar tes soal (sebagai data utama) dan observasi (sebagai data penunjang). Setelah lembar tes selesai dikerjakan maka data, dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di SMA 1 Kota Jambi, hal ini dapat dilihat bahwa pada siklus I hanya 72,72% siswa yang mencapai kategori tuntas, dengan rata rata nilai 75,68. Pada siklus II siswa seluruhnya 100% dinyatakan berhasil mencapai kategori tuntas, dengan rata-rata nilai 87,5. Melebihi kriteria yang ditetepkan yaitu rata-rata 75. Maka dapat disimpulkan dengan penggunaan Video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah materi pengaruh Hindu Budah di Indonesia siswa kelas X IPS 1 SMA 1 Kota Jambi. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih baik dalam memilih penggunaan media pembelajaran teutama mata pelajaran Sejarah. Disamping itu guru pemegang peran penting dalam kegiatan pembelajaran. mestinya meningkatkan kemampuan mengajar, dan penggunaan media yang tepat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | SIAHAAN |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 03:55 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 03:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34857 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |