PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI TEKS PROSEDUR KELAS VII DI SMP AHMAD DAHLAN

Nafiati, Ulfia Naini and Wibowo, Imam Suwardi and Priyanto, - (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI TEKS PROSEDUR KELAS VII DI SMP AHMAD DAHLAN. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
SKRIPSI ULFIA NAINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (108kB)

Abstract

Nafiati, Ulfia Naini. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Materi Teks Prosedur Kelas VII di SMP Ahmad Dahlan. Skripsi. Jambi: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Drs. R. Imam Suwardi Wibowo, M.Pd., (2) Priyanto, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Pengembangan LKPD, discovery learning ,teks prosedur Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD berbasis discovery learning materi teks prosedur kelas VII. Penelitian ini dilakukan di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi tahun ajaran 2021/2022. Sementara subjek penelitian ini melibatkan peserta didik kelas VII di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carey yang terdiri lima tahap yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Sementara teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket, observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Observasi dilakukan untuk melihat situasi agar sesuai dengan yang direncanakan dalam menerapkan bahan ajar yang akan dilakukan di dalam kelas. Angket digunakan untuk mengukur respon dan tingkat kepratisan LKPD. Berikutnya, dokumentasi berupa foto kegiatan penelitian, media yang digunakan oleh guru sebelumnya, serta lembar LKPD yang telah dikerjakan oleh peserta didik. Selanjutnya wawancara dilakukan kepada guru untuk mengetahui LKPD yang digunakan oleh guru sebelumnya. Sementara tes dilakukan untuk melihat keefektifan LKPD yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini berupa data validasi ahli desain yang mendapatkan persentase 81,94% dan hasil validasi ahli materi mendapatkan 82%, keduanya mendapatkan kategori valid atau praktis. Sementara hasil uji coba lapangan dihitung menggunakan SPSS dan mendapatkan skor N-Gain 0.63 untuk aspek kognitif dengan kategori sedang dan 0.18 untuk aspek psikomorotik dengan kategori lemah. Berdasarkan hasil dari penelitian pengembangan ini ditemukan bahwa LKPD berbasis Discovery Learning materi teks prosedur kelas VII ini layak praktis dan cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan peserta didik secara kognitif.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: NAFIATI
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:06
Last Modified: 16 Jun 2022 08:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34858

Actions (login required)

View Item View Item