Hubungan Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dengan Dengan Prestasi Belajar di SMA Negeri 2 Kota Jambi

BAFADHAL, HILDA GAZIYAH Hubungan Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dengan Dengan Prestasi Belajar di SMA Negeri 2 Kota Jambi. BIMBINGAN DAN KONSELING. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH HILDA br.pdf

Download (195kB)

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi : “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dengan Dengan Prestasi Belajar di SMA Negeri 2 Kota Jambi Nama : HILDA GAZIYAH BAFADHAL NIM : ERA1D012057 Pembimbing Skripsi I : Drs. Asradi, MM Pembimbing Skripsi II : Fadzlul, S.Ps.i, M.Psi,Psi Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua Demokratis, Hasil Belajar, Siswa Sebagian orang tua ada yang menerapkan pola asuh otoriter (sangat kuat dan cukup ketat dalam mengontrol perilaku anak sehingga menghambat munculnya komunikasi terbuka antara orang tua dan anak), demokrasi (memberlakukan peraturan-peraturan yang dibuat bersama oleh anggota keluarga yang bersangkutan), dan laisess faire (selalu memberi kebebasan sebanyak mungkin kepada anak untuk mengatur dirinya). Namun pengasuhan yang seperti ini kurang kondusif, karena gaya pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua sangat mempengaruhi hasil belajarnya. Atas perbedaan pola pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua maka peneliti akan meneliti apa benar kecenderungan tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa. peneliti merasa tertarik untuk membahas masalah tersebut khususnya yang berkenaan dengan pola asuh untuk itu peneliti mengajukan skripsi dengan judul penelitian hubungan pola asuh orang tua demokratis dengan prestasi belajar di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu : Untuk mengungkaphubungan pola asuh orang tua demokratis dengan prestasi belajar di SMA Negeri 2 Kota Jambi . Jenis penelitian ini adalah Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Adapun variabel terikat adalah Prestasi Belajar Siswa (Y), sedangkan variabel bebas adalah Pola Asuh Demokratis (X) dengan sampel penelitian 107 orang siswa Berdasarkan hasil peneltian diperoleh bahwa terdapat hubungan pola asuh orang tua demokratis dengan prestasi belajar di SMA Negeri 2 Kota JambiTahun Ajaran 2016/2017 dengan perhitungan koefisien rxy hitung sebesar 0,965 lebih besar dari r tabel sebesar 0,1900 rhitung >rtabel (0,965> 0,1900). Kesimpulan dalam penelitian ini Terdapat hubungan langsung yang signifikan pola asuh orang tua demokratis dengan prestasi belajar di SMA Negeri 2 Kota JambiTahun Ajaran 2016/2017.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HILDA GAZIYAH BAFADHAL
Date Deposited: 01 Mar 2018 00:58
Last Modified: 01 Mar 2018 00:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3487

Actions (login required)

View Item View Item