PENGEMBANGAN GESID AKAL (GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID MATERI ARITMETIKA SOSIAL) BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP

Nuritama, Rizanti (2022) PENGEMBANGAN GESID AKAL (GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID MATERI ARITMETIKA SOSIAL) BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, Pendidikan Matematika.

[img] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Rizanti Nuritama (A1C218044) - SKRIPSI-compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi dengan pemberian tes dan wawancara terhadap salah satu guru SMP N 7 Muaro Jambi mengenai kemampuan pemahaman matematis, dinyatakan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa masih belum sempurna, hal ini dilandaskan pada rendahnya kemampuan siswa menganalisis soal cerita, yang di dalamnya berkaitan erat dengan kehidupan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berupa game edukasi berbasis android dengan berbantuan software Articulate Storyline 3 untuk mendukung kemampuan pemahaman matematis siswa yang diuji cobakan pada siswa SMP Negeri 7 Muaro Jambi yang dinyatakan layak berdasarkan kriteria valid, efektif dan praktis. Serta untuk mengetahui kelayakan hasil pengembangan game edukasi berbasis android dengan berbantuan software Articulate Storyline 3 untuk mendukung kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi dengan subjek berjumlah 9 orang siswa. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa: (1) E-modul pembelajaran matematika berbasis android dengan pendekatan kontekstual yang dikembangkan dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE berdasarkan penilaian dari responden mengenai validitas dan kepraktisan. (2) Kualitas game edukasi berbasis android dengan berbantuan software Articulate Storyline 3 untuk mendukung kemampuan pemahaman matematis siswa yang dikembangkan ini sudah layak digunakan berdasarkan hasil analisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk game dengan hasil yang diperoleh dari validasi oleh ahli desain dan ahli materi dengan jumlah skor sebesar 157 yang merupakan kriteria valid. Kemudian berdasarkan kepraktisan berdasarkan validasi praktisi, hasil observasi, dan angket respon siswa pada ujicoba kelompok kecil memperoleh jumlah skor sebesar 316,6 dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan keefektifan dari produk game edukasi berbasis android ini menghasilkan skor rata-rata berdasarkan hasil tes kemampuan pemahaman matematis siswa sebesar 78,5 dengan kriteria efketif sehingga berarti bahwa game edukasi berbasis android dapat digunakan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: NURITAMA
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:01
Last Modified: 16 Jun 2022 07:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34878

Actions (login required)

View Item View Item