IMPLEMENTASI LESSON STUDY UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN TBLA PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMAN 4 MUARO JAMBI

Juli Astuti, Ella (2022) IMPLEMENTASI LESSON STUDY UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN TBLA PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMAN 4 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (41kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan lesson study menggunakan TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) dan untuk mengidentifikasi kemandiran belajar siswa dengan lesson study menggunakan TBLA pada materi alat-alat optik. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Muaro Jambi pada tanggal 25 januari sampai 19 februari 2022. Dalam penelitian ini menerapkan pembelajaran lesson study melalui tiga tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian mixed methods. Sumber data dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIA 3 yang berjumlah 28 peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan rekaman video/audio pembelajaran, dokumentasi, dan lembar observasi penelitian. Teknik analisis data diperoleh dari hasil rekaman video/audio pembelajaran yang kemudian di transkrip menggunakan TBLA. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus 1 dari analisis tranksrip pembelajaran secara keseluruhan di dominasi oleh interaksi peserta didik dengan peserta didik, sedangkan pada siklus 2 hasil analisis tidak hanya interaksi peserta didik dengan peserta didik tetapi ada interaksi antara guru dengan peserta didik. Untuk kemandirian belajar pada siklus 1 dan siklus 2 dengan aktivitas kemandirian dapat dilihat dari salah satu aspek pengamatan yaitu siswa berdiskusi dengan kelompok terlihat semua anggota kelompok dapat berdiskusi dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dengan teknik analisis menggunakan TBLA dapat dijadikan sebagai referensi untuk guru dalam melaksanakan dan memperbaiki proses pembelajaran di kelas.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lesson Study, Kemandirian, Transcript Based Lesson Analysis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Astuti
Date Deposited: 16 Jun 2022 06:37
Last Modified: 16 Jun 2022 06:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34897

Actions (login required)

View Item View Item