Sadiah, Halimatul (2022) Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Model Menggunakan TBLA pada Lesson Study Materi Alat-alat Optik di SMAN 9 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
DRAFT SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
PCK calon guru model fisika merupakan pengetahuan yang sangat penting untuk menyiapkan calon guru model fisika dalam mendasari kemampuan calon guru model fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Pedagogical Content Knowledge (PCK) calon guru model berbasis lesson study pada materi alat-alat optik di SMAN 9 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 9 Kota Jambi dimulai pada tanggal 4 Maret 2022 - 5 April 2022. Data penelitian ini diperoleh dari hasil rekaman video dan audio kemudian di transkrip menggunakan Transcript Based Lesson Analysis (TBLA) yang kemudian akan dianalisis untuk di deskripsikan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 9 Kota Jambi pada materi alat-alat optik adapun instrumen yang digunakan untuk mengetahui PCK yaitu catatan lapangan dan instrumen Transcript Based Lesson Analysis (TBLA) untuk mengetahui PCK calon guru model. Hasil penelitian ini pada siklus I PCK calon guru model sudah cukup baik namun masih ada kekurangan dan diperbaiki pada siklus II. Setelah dilakukan siklus II hasil PCK calon guru model meningkat. Melalui penerapan lesson study dapat meningkatkan PCK calon guru model dalam pembelajaran fisika dan dapat dianalisis menggunakan instrumen TBLA. Berdasarkan hasil penelitian ini terbukti bahwa pelaksanaan lesson study mampu menjadikan kompetensi Pedagogical Content Knowledge (PCK) calon guru model lebih baik. Namun dalam pelaksanaan lesson study masih terdapat kekurangan perlu diperbaiki agar pelaksanaan program lesson study dapat optimal, maka disarankan calon guru model bisa menguasai kelas agar tercipta suasana kelas yang kondusif dan peserta didik merasa senang untuk belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pedagogical Content Knowledge (PCK), Calon Guru Model, Lesson Study |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | sadiah |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 06:38 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 06:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34899 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |