Wulandari.w, Reftiani (2022) ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK (1).pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
BAB I (1).pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
BAB V (1).pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (473kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI REFTIANI WULANDARI. W.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Wulandari.W, Reftiani : “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembim bing (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd.,M.Si. (2) Muhammad Sholeh, S.Pd,. M.Pd Kata Kunci: Kesulitan Membaca, Membaca Permulaa, faktor kesulitan membaca Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam membaca permulaan pada siswa kelas I di SDN 40/I Bajubang Laut. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 40/I Bajubang Laut pada Februari-Maret 2022. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai kesulitan membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini bertempat di SDN 40/I Bajubang Laut. Sumber data pada penelitian ini yaitu data pokok (primer) serta data tambahan (sekunder). Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa kelas I. Melalui data dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan membaca permulaan siswa kelas I yaitu : Tidak mampu memahami simbol bunyi, kesulitan membedakan huruf, tidak lancar dalam membaca, kurangnya memori visual dan banyak kesalahan ketika membaca. Faktor penghambat siswa kesulitan membaca permulaan yaitu : kurangnya strategi dalam mengajar, siswa tidak bersekolah di Taman Kanak-kanak, keluarga yang kurang memberikan dukungan belajar, gangguan penglihatan dan kurang maksimalnya pembelajaran daring. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu kesulitan membaca permulaan siswa kelas I sangat beragam. Mulai dari siswa tidak mengenal huruf, kesulitan membedakan huruf, siswa tidak bisa membaca kata, penghilangan huruf, tidak memperhatikan tanda baca, dan kesulitan mengenali tanda baca. Faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan yaitu kurangnya strategi dalam mengajar, siswa tidak bersekolah di Taman Kanak-kanak, keluarga yang kurang memberikan dukungan belajar, gangguan penglihatan dan kurang maksimalnya pembelajaran daring.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Membaca, Membaca PermulaaN, faktor kesulitan membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | WULANDARI.W |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 08:05 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 08:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34908 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |