RISKA AMALIA, DEA (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS IV. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (573kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FIXX DEA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Rizka Amalia, Dea 2022 “Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Dikelas IV”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd.,M.Si. (2) Muhammad Sholeh, S.Pd,. M.Pd Kata Kunci: Kesulitan Siswa, Pembelajaran Matematika Penelitian ini dilakukan di SDN 40/I Bajubang Laut pada semester genap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apa saja kesulitan yang dialami siswa belajar operasi hitung perkalian pada pembelajaran matemaika di kelas IV sekolah dasar. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu untuk mendeksripsikan kesulitan apa saja yang dialami siswa belajar operasi hitung perkalian pada pembelajaran matematika di kelas IV. Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai kesulitan siswa belajar operasi hitung perkalian pada pembelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar. Melalui data dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar matematika meliputi: 1) kesulitan memahami konsep, 2) kesulitan dalam keterampilan menghitung 3) kesulitan memecahkan masalah. Faktor eksternal Kesulitan Belajar terdiri dari : 1) Orang tua dan keluarga, kurangnya perhatian orang tua terhadap kebiasaan belajar anak di rumah, dan kurangnya pengetahuan orang tua. 2) Faktor sekolah meliputi, pendekatan guru terhadap siswa yang kurang terjalin, pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru kurang menarik. Dapat disimpulkan bahwa masih ada siswa yang berkesulitan dikarenakan faktor sekolah dan faktor pribadi, dimana minat belajar siswa masih kurang yang menyebabkan siswa sulit dalam mengerjakan soal yang ada dalam pembelajaran matematika di kelas IV SD.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Siswa, Pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Amalia |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 08:06 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 08:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34910 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |