IMPLEMENTASI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI DI KELAS IV SDN 121/I MUARA SINGOAN

Anggraini, Wiga (0022) IMPLEMENTASI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI DI KELAS IV SDN 121/I MUARA SINGOAN. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (270kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
A1D118153_WIGA ANGGRAINI_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Anggraini, Wiga: “Implementasi Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran di Masa Pandemi di kelas IV SDN 121/I Muara Singoan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing: (1) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd (2) Silvina Noviyanti, S.Pd,. M.Pd Kata kunci: Kemandirian belajar, Pembelajaran Tematik Kemandirian belajar pada dasarnya terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu faktor psikologis, faktor fisiologis dan faktor lingkungan. Siswa yang tidak memiliki motivasi dan minat dalam belajar tidak akan mampu belajar mandiri dan mengalami berbagai kesulitan dalam akademiknya. Sedangkan siswa yang memiliki kemandirian belajar yang tinggi akan termotivasi untuk mempelajari sesuatu dengan kemampuannya tanpa meminta bantuan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kemandirian belajar peserta didik pada proses pembelajaran di masa pandemi di kelas IV SDN 121/I Muara Singoan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV serta siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman dengan tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV sudah memiliki sikap kemandirian belajar dalam pembelajaran tematik. Hal ini terlihat dari aktivitas selama siswa belajar tematik. Sikap kemandirian belajar siswa yang timbul pada saat pembelajaran tematik, yaitu 1) percaya diri, siswa selalu mengacungkan tangannya disaat guru mengajukan pertanyaan dan selalu menjawab pertanyaan yang diajukan guru. 2) aktif dalam belajar, selama proses pembelajaran, siswa tidak hanya asik di dalam bermain saja, akan tetapi siswa aktif di dalam proses pembelajaran. Siswa dan guru selalu berinteraksi, di mana saat guru mengajukan pertanyaan, hampir semua siswa mengacungkan tangan untuk menjawab pertanyaan guru. 3) disiplin dalam belajar, siswa mampu mengumpulkan tugas tepat waktu, masuk ke dalam kelas sesuai dengan jadwal yang ditentukan dan 4) tanggung jawab dalam belajar yaitu aktivitas siswa selama proses pembelajaran tematik, yaitu pada saat guru meminta siswa mengerjakan tugas, mengumpulkan tugas, dan meminta siswa untuk berdiskusi. Selama proses pembelajaran, siswa telah menunjukan sikap tanggung jawab dalam belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru sudah melakukan proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu menekankan pembelajaran tematik, dan melalui pembelajaran tematik guru dapat mengembangkan kemandirian belajar siswa kelas IV SD Negeri 121/I Muara Singoan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian belajar, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ANGGRAINI
Date Deposited: 17 Jun 2022 08:06
Last Modified: 17 Jun 2022 08:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34944

Actions (login required)

View Item View Item