Setiawan, Dedy and Utomo, Pradita Eko Prasetyo and Sarah, Adnes (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT DAN PERILAKU PADA PENGGUNAAN SHOOPEEPAY DI KOTA JAMBI MENGGUNAKAN METODE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2. S1 thesis, Sistem Informasi.
![]() |
Text
SKRIPSI ADNES SARAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) |
Abstract
ShopeePay merupakan salah satu e-wallet yang berkembang serta memiliki pengguna, jumlah transaksi, dan nilai transaksi terbanyak di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji faktor-faktor yang mempengaruhi Minat dan Perilaku pada ShopeePay dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) 2. Kriteria responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Kota Jambi dan yang pernah melakukan transaksi menggunakan ShopeePay minimal sebanyak 3x. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Karena populasi dalam penelitian ini tidak diketahui maka teknik pengambilan sampel menurut pernyataan Hair dimana jumlah minimum sampel 5 di kali dengan jumlah indikator 26 jadi jumlah sampel sebesar 130 sampel. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan Structural Equation Modeling berdasarkan Partial Least Square dengan menggunakan software pengolahan data yaitu SmartPLS. Dengan dilakukan uji Outer Model, Inner Model, dan uji Hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapatkan kesimpulan bahwa Ekspektasi Kinerja, Pengaruh sosial, Nilai Harga, Kebiasaan, berpengaruh signifikan terhadap Minat Penggunaan, adapun Kebiasaan dan Minat Penggunaan berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Penggunaan. Pada penelitian ini menemukan bahwa model UTAUT2 dapat menjelaskan variabel dari minat penggunaan sebesar 62,8% terhadap penggunaan ShopeePay di Kota Jambi serta dapat menjelaskan mengenai perilaku penggunaan sebesar 5,78% terhadap penggunaan ShopeePay di Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | SARAH |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 07:21 |
Last Modified: | 22 May 2025 05:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34950 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |