Hartika, Nurul (2022) Strategi Membangun Karakter Religius Siswa SD IT Ash-shiddiiqi Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI_NURUL HARTIKA_A1D118030.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI NURUL.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN NURUL.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (481kB) |
Abstract
Hartika, Nurul. 2022. STRATEGI MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS SISWA SD IT ASH-SHIDDIIQI JAMBI: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Karakter Religius, Bina Pribadi Islami Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi membangun karakter religius siswa kelas V A SD IT Ash-Shiddiiqi Kota Jambi melalui bina pribadi islami (BPI) Penelitian ini dilakukan di SD IT Ash-Shiddiiqi Jambi pada taun ajaran 2021/2022 Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi yang diambil dari SD IT Ash-Shiddiiqi Jambi. Subjek dalam penelitian ini ialah guru pembimbing kelas V A. Sumber data digunakan data sekunder dan primer. Data penelitian ini diperoleh berdasarkan observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pembeimbing kelas V A menerapkan strategi membangun karakter religius siswa kelas V A SD IT Ash-Shiddiiqi Jambi, melalui 1) Perencanaan dimulai membuat RPP, buku jurnal sikap dan rekap nilai sosial, mengadakan rapat guru dengan orangtua siswa, buku kegiatan sehari-hari dan buku kegiatan ibadah religius, 2) Pelaksanaan melalui kbm (kegiatan belajar mengajar), penguatan, keteladanan dan pembiasaaan, dan 3) Evaluasi, dengan cara melihat dan menilai buku jurnal sikap dan rekap nilai sosial, buku kegiatan ibadah religius dan buku kegiatan sehari-hari. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa guru pembimbing kelas V A SD IT Ash-Shiddiiqi Jambi telah melaksanakan strategi membangun karakter religius yang dimulai dengan adanya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam kegiatan bina pribadi islami (BPI). Tahapan strategi tersebut mampu membangun karakter religius siswa yang dilihat dari beberapa aspek yang ditinjau yaitu pembiasaan dalam melakukan ibadah, mengucapkan salam, bersyukur dan kegiatan yang berkarakter religius.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Hartika |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 07:50 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 07:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35009 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |