Pratiwi, Nani and Mukminin, Amirul and Masbirorotni, Masbirorotni (2022) Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Afektif Siswa di SMP IT Nurul Ilmi. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover nani.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan nani.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
abstrak nani.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
BAB V nani.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA nani.pdf Download (222kB) |
Abstract
Pembelajaran daring ini menjadi sebuah pilihan yang tidak terelakkan bagi institusi pendidikan. Ditengah pandemi Covid-19, metode pembelajaran ini dapat menjadi solusi agar proses belajar mengajar dapat tetap berlangsung. Dengan keadaan seperti itu pastilah memunculkan dampak dari pembelajaran daring itu sendiri. Berawal dari asumsi tersebut penulis tertarik melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengkaji dan menganalisis dampak pembelajaran daring selama pandemic covid-19 terhadap perkembangan afektif di SMP IT Nurul Ilmi. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif ini melibatkan kepala sekolah, siswa, walisiswa dan guru. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumen dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran daring menimbulkan berbagai dampak, baik itu dampak positif maupun dampak negatif adapun dampak positif yang ditimbulkan dari pembelajaran daring adalah peserta didik mampu belajar lebih mandiri, kreatif dan lebih melek (mengenal) teknologi. Namun dari hasil penelitian juga memunculkan dampak negatif dari pembelajaran daring khususnya pada perkembangan afektif antara lain : sebagian besar peserta didik adabnya menjadi kurang baik, kualitas dan kuantitas ibadahnya menurun, sikap sosialnya pun juga kurang baik, motivasi belajar merosot, serta peserta didik menjadi kecanduan dengan gadgetnya.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran daring, dampak, perkembangan afektif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Pratiwi |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 04:18 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 04:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |