IMPLEMENTASI PELATIHAN DIGITAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH ISLAM TERPADU NURUL ‘ILMI

Irmawati, Irmawati and Muazza, Muazza and Haryanto, Eddy (2022) IMPLEMENTASI PELATIHAN DIGITAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH ISLAM TERPADU NURUL ‘ILMI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
coverpdf2.pdf

Download (463kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
ABSTRAKpdf.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB Vpdf.pdf

Download (288kB)
[img] Text
daftar pustaka (1).pdf

Download (425kB)

Abstract

Pendidikan nasional tidak bisa lepas dari kompetensi yang dimiliki oleh guru, dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran menurut Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 ada 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yaitu meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Dalam upaya meningkatkan kompetensi guru dalam pengusaan tekhnologi digital dapat dilakukan dengan mengadakan pelatihan pemanfaatan tekhnologi digital. Dengan pemanfaatan tekhnologi digital membuat lebih kreatif dalam pembelajaran lebih menarik, sehingga proses belajar mengajar tidak terkesan monoton dan membosankan, penggunaan tekhnologi digital juga dapat membantu pendidik dalam mempersiapkan dan menyelesaikan administrasi yang berhubungan dengan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis implementasi pelatihan digital sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran pada Sekolah Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalan metode kualitatif dengan studi kasus. Bedasarkan dari hasil penelitian didapatkan data bahwa Implementasi pelatihan digital sebagai peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran di Sekolah Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi meliputi (a) Peningkatan Keterampilan dan Pengetahuan Guru Sebagai Penunjang Pembelajaran (b) Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Guru Dalam Merencanakan Penugasan dan Evaluasi (c) Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Yang Inovatif(d) Peningkatan Keterampilan dan Pengetahuan Spesifik (e) Perubahan Perilaku dari Penyampaian Informasi Secara Tatap Muka ke Penggunaan Teknologi Digital.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PELATIHAN DIGITAL, KOMPETENSI GURU
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Irmawati
Date Deposited: 17 Jun 2022 04:19
Last Modified: 17 Jun 2022 04:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35025

Actions (login required)

View Item View Item