UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BASED LEARNING DENGAN BANTUAN LKS DIGITAL PADA MATERI FLUIDA DINAMIK KELAS XI SMAN 11 KOTA JAMBI

Maulana, Raden (2018) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BASED LEARNING DENGAN BANTUAN LKS DIGITAL PADA MATERI FLUIDA DINAMIK KELAS XI SMAN 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
0. COVER.pdf

Download (255kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (417kB)

Abstract

iv ABSTRAK Maulana, Raden. 2018. Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Based Learning dengan bantuan LKS digital pada materi fluida dinamik kelas XI SMAN 11 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M.Si (II) Haerul Pathoni, S.Pd., M.Pfis. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Discovery Based Learning, Fluida Dinamik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penyebabnya adalah kemampuan awal siswa yang belum mencukupi sehingga terdapat kesulitan dalam proses memahami materi yang diajarkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diterapkan pembelajaran Discovery Based Learning dengan bantuan LKS digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah setelah menerapkan model pembelajaran Discovery Based Learning dengan bantuan LKS digital bisa meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi fluida dinamik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, masing-masing dari siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melalui pengamatan terhadap aktivitas siswa dan pelaksanaan pembelajaran guru melalui lembar observasi serta dalam memperoleh data kuantitatif melalui penilaian hasil belajar siswa yaitu dengan melaksanakan tes formatif pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman konsep siswa yang ditandai dengan peningkatan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa pada tiap siklus. Peningkatan nilai rata-rata persentase aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I, rata-rata persentase aktivitas siswa adalah 34,65% dan nilai rata-rata hasil belajar 39,56 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 9 siswa (23,68%). Pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 62,94% dan nilai rata-rata hasil belajar 60,12 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 15 siswa (39,47%). Pada siklus III rata-rata persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 76,97% dan nilai rata-rata hasil belajar 80,79 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 28 siswa (73,68%). Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Based Learning dengan bantuan LKS digital dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI SMAN 11 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RADEN MAULANA
Date Deposited: 02 Mar 2018 03:16
Last Modified: 02 Mar 2018 03:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3503

Actions (login required)

View Item View Item