Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Kota Jambi 2021

Paramitha, Vivia (2022) Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Kota Jambi 2021. S1 thesis, Ilmu Kesehatan Masyarakat.

[img] Text
SKRIPSI_VIVIA PARAMITHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (440kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB)

Abstract

ABSTRAK Background: Mutu pelayanan yang baik adalah tingkat keunggulan yang diharapkan untuk memenuhi keinginan pada pelanggan yang akhirnya pelanggan akan memanfaatkan ulang dan merekomendasikan pelayanan kesehatan tersebut pada orang disekitarnya. Sehingga mempengaruhi dalam pengambilan keputusan pembelian ulang yang nantinya akan mempengaruhi konsumen tentang pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada hubungan mutu pelayanan dengan minat kunjungan ulang pasien rawat jalan di Puskesmas Kota Jambi. Research Methods: Jenis penelitian yang dilakukan bersifat kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Populasi yang diambil adalah seluruh pasien yang berkunjung di puskesmas. Pengambilan sampel menggunakan Teknik accidental sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan uji chi-square. Research Results: Hasil Penelitian menunjukan bahwa mutu Pelayanan kehandalan (reliability) (p=0,028), daya tanggap (responsiveness) (p=0,038), jaminan (assurance) (p=0,000), dan empati(empathy) (p=0,005) memiliki hubungan dengan minat kunjungan ulang. Sedangkan bukti fisik (tangible) (p=0,095) tidak memiliki hubungan dengan minat kunjungan ulang. Conclusion: Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi bagi Puskesmas di Kota Jambi dalam meningkatkan mutu pelayanan. Saran yang mampu diberikan diantaranya adalah dengan melakukan pengawasan kinerja petugas dan memberikan pelatihan petugas agar mampu meningkatkan profesionalitas kerja serta memberikan reward (penghargaan) kepada petugas yang mampu melayani pasien dengan baik. Kata kunci : Mutu Pelayanan, Minat Kunjungan Ulang, Rawat Jalan

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: PARAMITHA
Date Deposited: 17 Jun 2022 04:05
Last Modified: 17 Jun 2022 04:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35031

Actions (login required)

View Item View Item