STUDI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA DI KELAS VII SMPN SATU ATAP LADANG PERIS

Fitrianty, Fitrianty (2022) STUDI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA DI KELAS VII SMPN SATU ATAP LADANG PERIS. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FITRIANTY_A1C118032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (364kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pendidikan adalah usaha untuk mendapatkan pengetahuan, baik secara formal (sekolah) dan informal (rumah dan masyarakat). Proses pembelajaran di dalam kurikulum 2013 diarahkan pembelajaran saintifik mencakup menanya, mengamati, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan. Maka, dalam mengembangkan kemampuan berfikir kreatif terhadap peserta didik perlu adanya dukungan berupa model yang menekankan belajar kreatif yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui efektivitas pelaksanaan model Inkuiri Terbimbing terhadap berpikir kreatif pada klasifikasi materi dan perubahannya di kelas VII SMPN Satu Atap Ladang Peris. Penelitian ini bermanfaat bagi siswa, guru, sekolah dan peneliti. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian Quasi-eksperimental dengan teknik pengambilan datanya berupa random sampling dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMPN SATAP. Instrument penelitian yang digunakan berupa test dan nontest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan model inkuiri terbimbing terhadap berpikir kreatif siswa pada klasifikasi materi dan perubahannya di kelas VII SMPN Satu Atap Ladang Peris diperoleh koefisien determinasi sebesar 27,41%. Artinya bahwa hanya 27,41% model pembelajaran inkuiri terbimbing mempengaruhi berpikir kreatif siswa . Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa studi efektivitas penggunaan model inkuiri terbimbing hanya 27,41% mempengaruhi berpikir kreatif siswa. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa factor salah satunya terletak pada jumlah siswanya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kreatif, Klasifikasi Materi dan Perubahannya.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: FITRIANTY
Date Deposited: 17 Jun 2022 06:41
Last Modified: 17 Jun 2022 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35033

Actions (login required)

View Item View Item