Iqbal, Muhammad (2022) PENGEMBANGAN WEB-BASED ASSESEMENT SIKAP TERHADAP FISIKA DAN ASSESSMENT PENDIDIKAN KARAKTER SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penilaian sikap terhadap fisika dan pendidikan karakter merupakan penilaian afektif yang penting. Penilaian sikap terhadap fisika dan pendidikan karakter dalam pelaksanaannya masih menggunakan instrumen berbentuk kertas yang mana memiliki kelemahan. Kelemahan dari instrumen berbasis cetak adalah lamanya waktu pengkoreksian dari jawaban siswa sehingga tidak dapat menampilkan jawaban secara langsung, biaya yang diperlukan untuk mencetak instrumen memerlukan biaya yang besar, dan tidak dapat mengetahui hasil penilaian secara angsung setelah mengisi jawaban, sehingga membutuhkan peranan dari teknologi berupa digitalisasi instrumen ke dalam bentuk web-based assessment yang akan mengefisenkan dan mengefektifkan waktu dalam melakukan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan web-based assessment sikap terhadap fisika dan assessment pendidikan karakter siswa dan mengetahui kelayakan produk web-based assessment yang dikembangkan dengan uji coba kelompok kecil pada kelas XI IPA 2 di SMAN 8 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada penelitian ini tahapan pengembangan dengan model ADDIE dilakukan sampai dengan tahapan implementation, karena sampai tahapan implementation tujuan dari penelitian telah terpenuhi dan dilakukan uji coba kelompok kecil. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan angket respon pengguna (siswa). Data kuantitatif dalam penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan data kualitatif didapatkan dari komentar dan saran dari validasi ahli media. Web-based assessment yang telah dikembangkan dapat diakses melalui link yang telah disediakan. Web-based assessment yang dikembangkan divalidasi melalui 2 tahapan validasi oleh validator dengan beberapa revisi yang didapatkan dari hasil validasi oleh validator. Dari hasil validasi tahap 1 diperoleh skor rata-rata sebesar 1,96 dan berda pada kategori tidak baik dan hasil dari validasi tahap 2 didapatkan skor-rata-rata sebesar 3,38 dan berada pada kategori sangat baik. Setelah itu dilakukan uji coba kelompok kecil di SMAN 8 kota Jambi dan didapatkan hasil dari respon pengguna sebesar 3,44 dan berada pada kategori sangat baik. Dari hasil yang didapatkan oleh validator ahli dan respon pengguna maka web-based assessment yang dikembangkan telah layak untuk digunakan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter; Sikap terhadap Fisika; Web Based Assessment. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | IQBAL |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 01:54 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 01:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35059 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |