HERAWATI, TITIN PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI. PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 10 KOTA JAMBI. (Submitted)
![]() |
Text
Artikel.pdf Download (501kB) |
Abstract
ABSTRAK Titin Herawati. 2018. “Pengaruh Penerapan Strategi PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Tepadu Kelas VII SMPNegeri 10 Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, BA. Dpt, Msi, Pembimbing II Riyo Riyadi, S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: Strategi PAIKEM, Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan pada tanggal 13 s/d 15 September 2017 di SMP Negeri 10 Kota Jambi, diketahui bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu belum mencapai tingkat keberhasilan yang diinginkan. Realita di lapangan menunjukan bahwa selama proses belajar mengajar IPS Terpadu aktivitas siswa dalam belajar masih kurang. Kurangnya yang dimaksud adalah keaktifan siswa dalam memperhatikan pelajaran, bertanya, mengemukakan pendapat, dan kurangnya keberanian dan keterampilan siswa dalam mengungkapkan pendapat dan pengetahuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi PAIKEM terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS Tepadu Kelas VII SMPNegeri 10 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan ini kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka. Variabel bebas (independen variabel) yaitu penerapan strategi PAIKEM 〖(X〗_ ). Variabel terikat (dependen variabel). Hasil Belajar (Y). Pelaksanaan penelitian dan pengambilan data dalam penelitian ini yaitu di SMPNegeri 10 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh F hitung = 123,225. Harga tersebut kemudian dibandingkan dengan F tabel dengan dk pembilang = n-1 dan dk penyebut = N-1. Dengan demikian dk pembilang = 2-1 dan dk penyebut =35-2 = 33. Berdasarkan dua dk tersebut, maka dapat diketahui bahwa harga F tabel untuk 5% = 4,15. diperoleh sig = 0,000 sementara α = 0.050. Sehingga dapat dikatak bahwa terdapat terdapat pengaruh penggunaan strategi paikem terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS terpadu siswa kelas VII SMP N 10 Kota Jambi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi PAIKEM terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS terpadu Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | TITIN HERAWATI |
Date Deposited: | 02 Mar 2018 03:16 |
Last Modified: | 02 Mar 2018 03:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3506 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |