UMMA, RAUDATUL PENGARUH PERSEPSI ANGGOTA TENTANG KUALITAS PELAYANAN DAN GAYA KEPEMIMPINAN PENGURUS TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI MAHLIGAI SEJAHTERA KABUPATEN MUARO JAMBI. PENGARUH PERSEPSI ANGGOTA TENTANG KUALITAS PELAYANAN DAN GAYA KEPEMIMPINAN PENGURUS TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI MAHLIGAI SEJAHTERA KABUPATEN MUARO JAMBI. (Submitted)
![]() |
Text
artikel.pdf Download (258kB) |
Abstract
ABSTRAK Umma, Raudatul. 2018. “Pengaruh persepsi anggota tentang kualitas pelayanan dan gaya kepemimpinan pengurus terhadap kepuasan anggota koperasi Mahligai Sejahtera Kabupaten Muaro Jambi” Skripsi. Prodi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra. Hj. May Maemunah, ME., (II) Drs. H. Arpizal, M. Pd. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Gaya Kepemimpinan, dan Kepuasan Anggota Koperasi Koperasi Mahligai Sejahtera merupakan salah satu koperasi yang mempunyai unit usaha simpan pinjam yang merupakan usaha utama dan jasa pelayanan pembayaran rekening listrik yang mana koperasi ini mampu berkembang dan berdasarkan hasil laporan pertanggung jawaban pengurus jumlah anggota koperasi ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Penurunan jumlah anggota di koperasi mahligai sejahtera disebabkan karena ketidakpuasaan anggota koperasi tersebut. Ketidak puasan Anggota koperasi Mahligai sejahtera selain disebabkan karena faktor kualitas pelayanan yang diberikan anggota koperasi juga disebabkan gaya kepemimpinan pengurus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota koperasi Mahligai Sejahtera Kabupaten Muaro Jambi. 2) pengaruh gaya kepemimpinan pengurus terhadap kepuasan anggota koperasi Mahligai Sejahtera Kabupaten Muaro Jambi. 3) pengaruh persepsi kualitas pelayanan dan gaya kepemimpinan pengurus terhadap kepuasan anggota koperasi Mahligai Sejahtera Kabupaten Muaro Jambi. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di koperasi Mahligai Sejahtera Kabupaten Muaro Jambi. Data diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada anggota koperasi. Adapun jumlah anggota koperasi sebanyak 110 orang anggota. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 52 orang anggota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara persepsi kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota koperasi sebesar 46,912 dengan uji signifikan yakni nilai sig adalah 0,000 (<0,05). Ada pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan pengurus terhadap kepuasan anggota koperasi yang dihitung dengan regresi sederhana adalah sebesar 39,633 dengan uji signifikan yakni nilai sig adalah 0,000 (<0,05). Selanjutnya ada pengaruh positif antara persepsi kualitas pelayanan dan gaya kepemimpinan pengurus terhadap kepuasan anggota koperasi yang dihitung dengan regresi berganda sebesar 11,162, uji signifikan dengan nilai sig adalah 0,000 (<0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi kualitas pelayanan dan gaya kepemimpinan pengurus terhadap kepuasan anggota koperasi Mahligai Sejahtera Kabupaten Muaro Jambi. Disarankan agar pengurus koperasi lebih meningkatkan kepuasan anggota koperasi dengan baik. Dengan adanya kualitas pelayanan dan gaya kepemimpinan pengurus diharapkan dapat meningkatkan kepuasan anggota koperasi yang semakin baik.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RAUDATUL UMMA |
Date Deposited: | 02 Mar 2018 03:16 |
Last Modified: | 02 Mar 2018 03:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3507 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |