RUSLI, RUSLI and Mukminin, Amirul and Ali, Raden Muhammad (2022) MODEL PENGELOLAAN TAHFIDZUL QUR'AN DI SEKOLAH ISLAM TERPADU NURUL 'ILMI JAMBI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL - Copy.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAK.pdf Download (171kB) |
Abstract
MODEL PENGELOLAAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU NURUL ‘ILMI JAMBI Oleh: Rusli NIM: P2A220021 ABSTRAK Penelitian yang berjudul Model Pengelolaan Tahfidzul Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi Jambi ini bertujuan untuk menjelaskan,menganalisis dan mendeskripsikan model pengelolaan pembelajaran Tahfidz Al-Quran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi. Manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dapat menambah pemahaman dan wawasan pengetahuan tentang model Pengelolaan Tahfidzul Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi, khususnya kepada guru atau sekolah lain yang menerapkan pembelajaran Tahfidz Al-Quran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan subjek penelitian ini adalah koordinator Al qur’an dan guru tahfidz di SDIT Nurul ‘Ilmi, Objek penelitiannya adalah model pengelolaan tahfidz Al-Quran di sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, Teknik analisis Data yang dipakai adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pengelolaan tahfidz Al-Quran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi menerapkan Model Binnazhar, Talaqqi, Sima’an (Tutor sebaya) dan Muroja’ah. Langkah-langkah dalam model Pengelolaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an meliputi Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi. 2). Factor Pendukung dalam Model pengelolaan Tahfidzul Qur’an adalah lingkungan yang mendukung, bersih dan nyaman, serta motivasi dari guru Al qur’an, walikelas dan orangtua. 3). Faktor penghambat dalam model pengelolaan tahfidzul Qur’an adalah kurang lamanya waktu dalam pembelajaran tahfidz, kurangnya tenaga pengajar, target yang terlalu tinggi dan kurangnya motivasi dari orangtua peserta didik ketika di rumah. Kata Kunci: Model Pengelolaan, Tahfidz Al-Quran. TAHFIDZUL QUR'AN MANAGEMENT MODEL IN INTEGRATED ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOL NURUL 'ILMI JAMBI By: Rusli Student ID: P2A220021 ABSTRACT The research entitled Tahfidz Al-Qur'an Management Model at Nurul 'Ilmi Jambi Integrated Islamic Elementary School aims to explain, analyze and describe the Tahfidz Al-Quran learning management model at Nurul 'Ilmi Integrated Islamic Elementary School. The benefit of this research is that it is expected to increase understanding and knowledge about the Tahfidzul Qur'an Management Model at the Nurul 'Ilmi Integrated Islamic Elementary School, especially to other teacher or schools that also implement Tahfidz Al-Quran learning program. This research is a qualitative descriptive study and the subject of this research is the coordinator of the of, teacher of the Tahfidz Qur’an program. The object of the research is the Tahfidz Al-Quran management model at the Nurul 'Ilmi Integrated Islamic Elementary School. The data of this research was collected by using observation, interviews and documentation methods. Data analysis techniques used were data reduction, data presentation and data verification. The results revealed that 1) The Tahfidz Al-Quran Management at the Nurul 'Ilmi Integrated Islamic Elementary School has implemente the Binnazhar, Talaqqi, Sima'an (Peer Tutor) and Muroja'ah Models. The steps in the Tahfidzul Qur'an learning management consist planning, implementation and evaluation processes. 2). Supporting factors in the Tahfidzul Qur'an management model are a supportive, clean and comfortable environment, and the motivation of Al-Qur'an teachers, homeroom teachers and parents. 3). The inhibiting factors in the Tahfidzul Qur'an management model are the lack of time allocating Tahfidz program, the lack of teaching staff, the target is too high and the lack of motivation from the parents at home. Keywords: Management Model, Tahfidz Al-Quran.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PENGELOLAAN, TAHFIDZ AL-QUR'AN |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Rusli |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 07:56 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 07:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35073 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |