Pengaruh Keterampilan Proses Sains terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Listrik Dinamis kelas IX di SMP se-Kecamatan Mersam Batanghari

Ratnawati, Tri (2022) Pengaruh Keterampilan Proses Sains terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Listrik Dinamis kelas IX di SMP se-Kecamatan Mersam Batanghari. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (6kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR pustaka.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Full skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (437kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena proses pembelajaran IPA yang terpusat kepada guru, dimana pembelajaran diarahkan kepada menghafal dan kurangnya pengaplikasian serta pemecahan masalah. Jika keadaan ini dibiarkan secara terusmenerus maka siswa akan mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan teori yang telah dipelajari ke kehidupan nyata. Oleh karena itu diperlukannya pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains. Salah satunya melalui kegiatan praktikum. Sejalan dengan hal itu siswa juga perlu memiliki kemampuan berpikir kritis agar siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan secara kritis dalam pengambilan keputusan pada proses pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa pada Materi Listrik Dinamis kelas IX di SMP Se-Kecamatan Mersam Batanghari. Penelitian ini dilakukan di SMP se-kecamatan Mersam Batanghari yaitu di SMPN 5 Batanghari dan SMPN 32 Batanghari yang dilakukan pada bulan Oktober 2021- Maret 2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian kausal asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari lembar observasi keterampilan proses sains dan lembar tes essay kemampuan berpikir kritis. Setelah itu data akan dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan uji hopitesis dengan taraf signifikansi 0.05 atau 5% didapat kesimpulan bahwa keterampilan proses sains berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi listrik dinamis kelas IX di SMP se-kecamatan Mersam Batanghari dengan nilai koefisien determinasi sebesar 48,9%.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Keterampilan Proses Sains; Kemampuan Berpikir Kritis; Listrik Dinamis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: RATNAWATI
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:51
Last Modified: 20 Jun 2022 01:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35090

Actions (login required)

View Item View Item