ANALISIS PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP

Listiani, Listiani and Zurweni, Zurweni and Yelianti, Upik (2022) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (266kB)

Abstract

Listiani. 2021. Analisis Penggunaan Model Discovery Learning Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA di SMP. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Uni-versitas Jambi, Pembimbing I. Dr. Dra. Zurweni, M.Si., Pembimbing II. Dr. Dra. Upik Yelianti, M.S. Pada kurikulum 2013, peserta didik dituntut untuk aktif dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang cocok untuk memenuhi kebutuhan saat ini adalah model discovery learning. Berdasarkan model pembelajaran ini, pembelajaran diarahkan pada keterlibatan peserta didik secara aktif melalui kegiatan proses, yang didapat dari pengalaman melalui kegiatan percobaan, untuk mendapatkan kegiatan proses dibutuhkan suatu keterampilan yang disebut keterampilan proses. Keterampilan dalam melakukan aktivitas-aktivitas yang terkait dalam sains biasa disebut keterampilan proses sains (KPS) yang merupakan perangkat kemampuan kompleks yang digunakan dalam melakukan penyelidikan ilmiah pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran discovery learning dan pengaruhnya terhadap keterampilan proses sains pada pembelajaran IPA kelas VII SMPN 41 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran IPA khususnya materi kalor dan perpindahanya, jumlah peserta didik adalah 30 orang. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian concurren embedded mixed methods. Hasil penelitian penggunaan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran IPA di kelas VII SMPN 41 Muaro Jambi menunjukan aktivitas guru mengajar dengan baik dan cukup mendapat respon yang baik dari peserta didik. Hal ini dilihat dari semangat peserta didik dalam melakukan pembelajaran dengan pratikum/praktek yang bertujuan untuk melatih keterampilan proses sains peserta didik. Model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran IPA mempunyai pengaruh yang signifikan pada peserta didik kelas VII SMPN 41 Muaro Jambi, hai ini dibuktikan dengan nilai tes pre-test dan post-test yang diperoleh nilai yang jauh lebih baik ditunjukan dengan nilai rata-rata pre-test 44,4 dan nilai rata-rata post-test 78,1 dan hasil perhitungn uji hipotesis dengan uji t berpasangan atau t-Test: Paired Two Sample For Means menunjukan thitung = -15,445 dan ttabel= -2,045. Kesimpulannya karena thitung > ttable maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap proses sains pada pembelajaran IPA kelas VII SMPN 41 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, keterampilan proses sains, pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: LISTIANI
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:38
Last Modified: 20 Jun 2022 01:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35102

Actions (login required)

View Item View Item