STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 182/I HUTAN LINDUNG

Natasya, Natasya (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 182/I HUTAN LINDUNG. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi Natasya (A1D118139).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (58kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Natasya, 2022. Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 182/I Hutan Lindung Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Dr.Yantoro M.Pd., (2) Hendra Budiono S.Pd. M.Pd. Kata kunci : strategi, kecerdasan, interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersnal siswa kelas IV SD N 182/I Hutan Lindung semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Pengumpulan data ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas berupa triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknis analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang digunakan oleh guru melalui beberapa tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. 1) Tahap perencanaan telah mengembangkan kecerdasan interpersonal, yaitu tahap perencanaan guru menyiapkan RPP, sumber belajar, strategi pembelajaran, penilaian pembelajaran 2) tahap pelaksanaan guru menerapkan strategi yang telah dirancang yaitu strategi tugas kelompok, tutor, sebaya, tanya jawab, demonstrasi. 3) tahap evaluasi guru melakukan evaluasi terhadap strategi yang telah diterapkan dengan melihat kepada kecerdasan interpersonal siswa yang berbeda-beda, bagaimana perhatian siswa selama proses pembelajaran, keterlibatan siswa, bekerja sama, interaksi di dalam kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung dan penilaian pada hasil tugas pembelajaran siswa. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini yaitu strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa kelas IV melalui tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi. Dengan tahapan dan strategi yang tepat yang digunakan tersebut didapatkan kecerdasan interpersonal yang berbeda-beda yang dimiliki oleh siswa, siswa mampu menjalin hubungan yang baik kepada teman sesamanya, siswa aktif berani bertanya, percaya diri dalam menyatakan pendapat, mudah akrab pada teman sebayanya, dapat bekerja sama dengan baik dalam satu tim, memiliki empati yang baik, berinteraksi dan memiliki ketrampilan berkomunikasi dengan baik, menjadi pemimpin yang baik dan dapat memecahkan masalah dengan baik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi, kecerdasan, interpersonal.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: NATASYA
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:47
Last Modified: 20 Jun 2022 07:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35121

Actions (login required)

View Item View Item