Wahyudi, Ahmad (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Passing Atas Bola Voli Melalaui Permainan Game Android Ke Versi Nyata Di SMP Negeri 16 Tanjung Jabung Timur. S1 thesis, Pendidikan Kepelatihan Olahraga.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (363kB) |
Abstract
ABSTRAK Ahmad Wahyudi. 2022 “Pengembangan Model Pembelajaran Passing Atas Bola Voli Melalui Permainan Game Android Ke Versi Nyata Di SMP Negeri 16 Tanjung Jabung Timur”. Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1)Dr. Palmizal A, S.Pd., M.Pd., (2) Ahmad Muzaffar S.Pd.,M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Passing Atas Bola Voli Melalui Permainan Game Android. Untuk pembelajaran voli di SMP Negeri 16 Tanjung Jabung Timur masih dianggap monoton dan guru sangat terbatas untuk melakukan model permainan karena bola voli disana cukup minim yaitu hanya sekitar 2 buah. Ada beberapa hal yang menyebabkan tujuan penjas materi bola voli di SMP Negeri 16 Tanjung Jabung Timur yang belum tercapai diantaranya adalah siswa terlihat kurang memperhatikan guru saat pelajaran penjas disebabkan permainan bola voli terlalu monoton sehingga membuat siswa bosan, belum adanya modifikasi permainan yang tepat dan variatif untuk meningkatkan keterampilan passing atas dan untuk mengurangi kebosanan siswa pada materi passing atas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menciptakan bentuk latihan passing atas yang lebih variatif berupa Pengembangan Model Pembelajaran Passing Atas Bola Voli Melalui Permainan Game Android Ke Versi NyataDi SMP Negeri 16 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development). Penelitian ini memberikan pengembangan suatu produk passing atas bola voli yang baru. Model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah penelitian Hasil penelitian validitas desain oleh pakar materi diperoleh data dan dianalisis diperoleh hasil uji validitas materi dengan nilai rata-rata skor 45 dengan presentase 90% pada kategori valid. Hal ini berarti pakar ahli menyatakan model pembelajaran passing atas bola voli melalui permainan game android ke versi nyata untuk di uji cobakan. Hasil validitas desain oleh pakar media diperoleh data dan dianalisis diperoleh hasil uji validitas media dengan nilai rata-rata skor 46 dengan presentase 92%. Hal ini berarti pakar ahli menyakan model pembelajaran passing atas bola voli melalui permainan game android ke versi nyata pada skala penilaian sesuai/layak untuk di ujicoba. hasil uji coba kelompok kecil diperoleh hasil praktikalitas 10 orang siswa berada 67%. hasil uji coba lapangan diperoleh hasil praktikalitas 32 orang siswa berada kategori baik sekali yaitu 85%. Kesimpuan penelitian yaitu produk model pembelajaran passing atas bola voli melalui permainan game android ke versi nyata dinyatakan valid oleh tim ahli, dengan rata-rata 90% pada kategori BAIK. Hasil validasi oleh pakar materi diperoleh data dengan nilai rata-rata 92%.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Kepelatihan Olahraga |
Depositing User: | WAHYUDI |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 07:51 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 07:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35129 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |