Susilowati, Enie and Mukminin, Amirul and Syuhada, Siti (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SMA ISLAM TERPADU NURUL ILMI JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover Tesis.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN (3).pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK (6).pdf Download (62kB) |
![]() |
Text
BAB V (8).pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (8).pdf Download (109kB) |
Abstract
Dalam membaca hal yang terpenting bukanlah lama waktu membaca, melainkan kualitas dan kuantitasnya walau hanya beberapa menit tetapi dilakukan rutin setiap hari akan lebih efektif dibandingkan satu atau dua jam tetapi hanya dilakukan dalam sebulan. Demi menumbuhkembangkan budaya literasi disekolah, di SMA IT Nurul ‘Ilmi telah disediakan perpustakaan untuk dapat memfasilitasi siswa dalam melakukan aktifitas literasi. Namun pada kondisi nyata di lapangan siswa dan siswi SMA IT Nurul ‘Ilmi Jambi masih memiliki minat yang rendah dalam membiasakan budaya literasi. Hal ini ditandai dengan jumlah pengunjung perpustakaan berdasarkan data pengunjung masih kurang dari 50 persen dari jumlah siswa. Tetapi disisi lain SMA IT Nurul ‘Ilmi juga telah terpilih menjadi Duta Literasi pelajar pada tahun 2021. Terdapat beberapa siswa yang memenangkan lomba dalam penulisan baik yang bersifat karya ilmiah maupun fiksi. Buku-buku yang tersedia di perpustakaan SMA IT Nurul ‘Ilmi Jambi juga sangat banyak jenisnya, Tujuan dari penelitian ini berdasarkan dari uraian rumusan masalah adalah: menganalisis perencanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) di SMA IT Nurul ‘Ilmi Jambi, menganalisis pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) di SMA IT Nurul ‘Ilmi Jambi, menganalisis bentuk instrument evaluasi program gerakan literasi sekolah (GLS) di SMA IT Nurul ‘Ilmi Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Jumlah informan yang terlibat dalam penelitian sebanyak 4 informan yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru bidang studi bahasa Indonesia, dan penanggung jawab perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan Manajemen Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA IT Nurul ‘Ilmi: persiapan sarana dan prasarana seperti: ruang perpustakaan, pojok baca, papan informasi atau mading, penganggaran (pembiayaan) ketersediaan fasilitas dapat mendukung program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), membentuk tim Gerakan Literasi Sekolah (GLS), melakukan sosialisasi ke warga sekolah. 2. Pelaksanaan Manajemen Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA IT Nurul ‘Ilmi: kegiatan pembiasaan dilakukan dengan: pembacaan siroh Nabawi ketika majelis pagi Kegiatan pengembangan di Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA IT Nurul ‘Ilmi melalui program ekstrakurikuler. Kegiatan pembelajaran siswa diajak membaca buku teks maupun nonteks pelajaran yang dapat berupa buku tentang pengetahuan umum, kegemaran, minat khusus. 3. Bentuk instrument Eveluasi Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA IT Nurul ‘Ilmi: bentuk instrumen evaluasi berupa lembar observasi dan kuisioner yang berisi pertanyaan.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Manajemen, Gerakan Literasi Sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Susilowati |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 07:32 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 07:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35217 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |