PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH MATERI KEBANGKITAN HEROISME DAN KESADARAN KEBANGSAAN SISWA KELAS XI IPS 5 SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI

Darmansah putra, Ridho (2022) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH MATERI KEBANGKITAN HEROISME DAN KESADARAN KEBANGSAAN SISWA KELAS XI IPS 5 SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi kuuu.pdf

Download (2MB)
[img] Text
cover fix.pdf

Download (758kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (315kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (215kB)
[img] Text
bab 3-1.pdf

Download (490kB)
[img] Text
bab iv.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Ridho.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Ridho.pdf

Download (162kB)
[img] Text
LAMPIRAN ridho.pdf

Download (393kB)
[img] Text
artikel[1].pdf

Download (148kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari hasil observasi peneliti saat melaksanakan mata kuliah PLP yang menemukan permasalahan siswa yang memiliki motivasi dan hasil belajar yang rendah dalam mata pelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar sejarah siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini berfokus pada peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 2 Kota Jambi dengan penerapan metode problem solving. Adapun hasil penelitian pada siklus 1 di dapati rata-rata hasil belajar siswa mencapai nilai 69 dimana hasil itu belum mencapai batas keberhasilan dan presentasi tingkat motivasi belajar siswa sebesar 70% nilai ini juga belum mencapai batas keberhasilan. Pada siklus 2 hasil yang di peroleh mengalami peningkatan dimana rata-rata hasil belajar siswa sebesar 87 dan motivasi belajar siswa mencapai presentasi sebesar 87% di lihat dari hasil ini dapat melampaui batas keberhasilan yang telah di tetapkan. Siklus ke 3 pada rata-rata hasil belajar di dapati skor sebesar 77 dan presentasi tingkat motivasi belajar siswa sebesar 82% hal ini mengalami penuruan dari siklus sebelumnya namun nilai yang di dapati masih berada di atas batas keberhasilan. Dari hasil tersebut di dapati bahwa penerapan model problem solving berhasil meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar,hasil belajar, problem solving
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: PUTRA
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:02
Last Modified: 21 Jun 2022 02:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35270

Actions (login required)

View Item View Item