Pisnaji, Muhammad Akbar (2022) Efektivitas Penggunaan Media Kahoot! dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Momentum dan Impuls di SMA Negeri 3 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Pisnaji, Muhammad Akbar. 2017. Efektivitas Penggunaan Media Kahoot! dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Momentum dan Impuls di SMA Negeri 3 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Haerul Pathoni, S.Pd., M.PFis., (II) Alrizal, S.Pd., M.Si., Kata Kunci: Kahoot!, media, motivasi belajar. Media belajar yang baik adalah media yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar yang tinggi membuat siswa antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu media yang dapat meningkatkan motivasi belajar adalah Kahoot!. Sehingga, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui apakah media Kahoot! efektif meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X MIPA 5 di SMA Negeri 3 Kota Jambi pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Kota Jambi pada bulan Februari sampai Maret 2022. Data pada penelitian ini didapatkan melalui angket yang disebarkan kepada siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Kota Jambi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 5 yang ditentukan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Desain pada penelitian ini adalah One Group Pretest Posttest Design sehingga didapatkan data pada penelitian ini berupa data pretest dan posttest. Setelah data didapatkan, data dianalisis secara kuantitatif dengan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan yang signifikan dari motivasi belajar siswa setelah menggunakan media Kahoot! dalam proses pembelajaran. Peningkatan yang signifikan ini diketahui melalui Uji t Berpasangan yang mendapatkan hasil nilai sig. (2-tailed) 0.000 dimana lebih kecil dari 0.05. Berdasarkan Uji N-Gain yang dilakukan juga pada penelitian ini didapat hasil rata-rata nilai gain adalah 0.36, sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan motivasi belajar yang signifikan dalam kategori sedang. Peneliti merekomendasikan penggunaan media Kahoot! menjadi salah satu alternatif media dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran fisika materi momentum dan impuls. Guru diharapkan mempersiapkan sarana prasarana pendukung agar penggunaan media Kahoot! lebih efektif dan efisien. Pisnaji, Muhammad Akbar. 2017. The Effectiveness of Using Kahoot! in Improving Student Learning Motivation on Momentum and Impulse Materials at SMA Negeri 3 Jambi City: Thesis, Department of Mathematics and Science Education, FKIP Jambi University, Supervisor: (I) Haerul Pathoni, S.Pd., M.PFis., (II) Alrizal, S.Pd., M.Sc., Keywords: Kahoot!, media, learning motivation. A good learning media is a media that can increase students' learning motivation. High learning motivation makes students enthusiastic in participating in the learning process. One of the media that can increase learning motivation is Kahoot!. Thus, the researchers conducted a study with the aim of finding out whether the Kahoot! effective in increasing the learning motivation of students in class X MIPA 5 at SMA Negeri 3 Jambi City on momentum and impulse materials. This research was conducted at SMA Negeri 3 Jambi City from February to March 2022. The data in this study were obtained through questionnaires distributed to students. The population in this study were all students of class X Mathematics and Natural Sciences at SMA Negeri 3 Jambi City and the sample in this study were students of class X Mathematics and Natural Sciences 5 who were determined using the Simple Random Sampling technique. The design in this study was One Group Pretest Posttest Design so that the data obtained in this study were in the form of pretest and posttest data. After the data was obtained, the data were analyzed quantitatively with the help of SPSS 20. The results of this study showed a significant increase in students' learning motivation after using Kahoot! in the learning process. This significant increase is known through the Paired t-test which results in the value of sig. (2-tailed) 0.000 which is less than 0.05. Based on the N-Gain Test which was also carried out in this study, the average gain value was 0.36, so it can be concluded that there was a significant increase in learning motivation in the medium category. Researchers recommend using Kahoot! become one of the alternative media in increasing students' motivation to learn physics on momentum and impulse material. Teachers are expected to prepare supporting infrastructure for the use of Kahoot! more effective and efficient.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kahoot!, media, learning motivation. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Pisnaji |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 06:32 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 06:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35325 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |