Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi dengan Tema Pekerjaan pada Anak Usia Dini di TK Pertiwi Karang Dadi Kecamatan Rimbo Ilir Tahun Ajaran 2021/2022

Maharani, Indria Fatma (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi dengan Tema Pekerjaan pada Anak Usia Dini di TK Pertiwi Karang Dadi Kecamatan Rimbo Ilir Tahun Ajaran 2021/2022. S1 thesis, PG Paud.

[img] Text
COVER.pdf

Download (35kB)
[img] Text
SKRIPSI INDRIA terbaru paling bener siap cetak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (32kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)

Abstract

Maharani, Indria Fatma. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi dengan Tema Pekerjaan pada Anak Usia Dini di TK Pertiwi Karang Dadi Kecamatan Rimbo Ilir Tahun Ajaran 2021/2022: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M. Si, (II) Nyimas Muazzomi S. Ag., M. Pd. I., Kata kunci : Media Pembelajaran, Video Animasi, Tema Pekerjaan. Hal yang melatar belakangi dilakukannya penelitian ini adalah karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang masih belum beragam, yaitu masih bersifat konvensional menggunakan papan tulis dan majalah sementara fasilitas disekolah bisa dikatakan menunjang untuk melakukan pembelajaran menggunakan media pembelajaran video animasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau R&D dengan melalui 5 tahap pengembangan yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk video animasi dengan tema pekerjaan untuk mengetahui respon guru, anak dan mahasiswa PG PAUD terhadap video serta membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Data penelitian diperoleh dengan cara meminta validasi ahli media dan ahli materi untuk mengetahui layak atau tidaknya media pembelajaran video animasi tersebut digunakan. Setelah dinyatakan layak oleh ahli media dan ahli materi langkah selanjutnya yaitu menyebarkan angket kepada 4 guru TK Pertiwi Karang Dadi dan 54 mahasiswa PG PAUD. Selain itu peneliti juga melakukan observasi terhadap 15 anak selama pembelajaran dikelas. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase dan hasil observasi dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli media pada tahap akhir memperoleh persentase sebesar 100% dengan kategori sangat baik dan layak untuk diujicobakan. Hasil penelitian yang didapatkan dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 96% kategori sangat baik dan dapat dilanjutkan pada tahap selanjutnya.sedangkan hasil analisis angket responden pada subjek uji coba sebanyak 4 orang guru TK Pertiwi Karang Dadi dan 54 orang mahasiswa PG PAUD Universitas Jambi kemudian diperoleh skor total 2.977,2 dengan persentase 87,55% dan dapat disimpulkan bahwa termasuk dalam kategori sangat baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Maharani
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:52
Last Modified: 23 Jun 2022 04:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35332

Actions (login required)

View Item View Item