Gustiana, Melia (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dengan Tema Alam Semesta Pada Anak Usia Dini Di TK Al-Ikhlash Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
Abstract
Gustiana, Melia. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi dengan Tema Alam Semesta pada Anak Usia Dini di TK Al-Ikhlash Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M. Si, (II) Nyimas Muazzomi, S. Ag., M. Pd. I., Kata kunci : Media Pembelajaran, Video Animasi, Tema Alam Semesta. Hal yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini adalah karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang masih belum beragam, yakni hanya menggunakan media yang ada disekolah sementara fasilitas disekolah cukup menunjang dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang lebih bervariasi. Penggunaan media pembelajaran yang monoton membuat anak lebih bosan sehingga anak menjadi kurang tertarik terhadap kegiatan pembelajaran sehingga untuk menunjang pembelajaran agar lebih menarik perlu media pembelajaran yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video animasi dengan tema alam semesta dan mengetahui respon guru, anak dan mahasiswa PGPAUD terhadap video animasi serta membantu guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE melalui 5 tahap yaitu analisis, desain, development, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di TK Al-Ikhlash Kota Jambi pada 7-20 Mei 2022. Data penelitian diperoleh dengan cara meminta validasi ahli media dan ahli materi untuk mengetahui layak atau tidaknya video animasi untuk digunakan, langkah selanjutnya yaitu menyebarkan angket kepada 4 guru TK dan 54 mahasiswa PGPAUD. Selain itu peneliti juga melakukan observasi pada 15 murid TK Al-Ikhlash terhadap pembelajaran selama dikelas dan hasil observasi dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penilaian oleh ahli media pada tahap akhir memperoleh persentase sebesar 100% kategori sangat baik. Hasil penilaian yang didapatkan dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 96,15% kategori sangat baik sedangkan hasil analisis angket persepsi responden pada subjek uji coba sebanyak 4 guru TK Al-Ikhlash Kota Jambi dan 54 mahasiswa PG-PAUD diperoleh skor total 3461 dengan persentase sebesar 91,53% dengan kategori sangat baik. Aktifitas anak pada proses penayangan video animasi tema hujan menunjukkan keantusiasan saat mengikuti kegiatan pembelajaran, ketertarikan terhadap pemutaran video animasi, dan juga pada akhir kegiatan anak-anak berlomba-lomba untuk menceritakan ulang video animasi yang dilihat kepada teman-teman didepan kelas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Video Animasi, Tema Alam Semesta |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | GUSTIANA |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 03:12 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 03:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35338 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |