Perbandingan Minat Berwirausaha Antara Siswa Jurusan Pemasaran, Siswa Jurusan Multimedia dan Siswa Jurusan Produksi Grafika di SMK Negeri 2 Kota Jambi

Noprianti, Renny (2018) Perbandingan Minat Berwirausaha Antara Siswa Jurusan Pemasaran, Siswa Jurusan Multimedia dan Siswa Jurusan Produksi Grafika di SMK Negeri 2 Kota Jambi. e-skripsi Fkip Unja.

[img] Text
Artikel Skripsi-Renny.pdf

Download (428kB)

Abstract

Berdasarkan UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, SMK merupakan salah satu jenjang pendidikan sekolah menengah kejuruan. SMK lebih menekankan pada penyiapan peserta didik untuk siap bekerja pada bidang tertentu atau berwirausaha. Untuk itulah perlu ditumbuhkan minat berwirausaha pada diri siswa SMK. Di SMKN 2 Kota Jambi, sekolah telah menjalankan kurikulum yang ditetapkan pemerintah dan telah mengintegrasikan pendidikan kewirausahaan pada tiap-tiap jurusan. Pada jurusan Pemasaran, Multimedia dan Produksi Grafika, sekolah bahkan menyediakan tempat unit produksi untuk siswanya berlajar berwirausaha. Dengan fasilitas tempat unit produksi yang sama tersebut, perlu diketahui manakah jurusan yang lebih baik minat berwirausahanya, untuk kemudian menjadi evaluasi bagi sekolah untuk lebih lagi menumbuhkan minat berwirausaha pada jurusannya masing-masing. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya minat berwirausaha pada siswa jurusan Pemasaran, Multimedia dan Produksi Grafika di SMKN 2 Kota Jambi, 2) Untuk mengetahui perbandingan minat berwirausaha antara siswa jurusan Pemasaran, Multimedia dan Produksi Grafika, 3) Untuk mengetahui perbandingan minat berwirausaha antara siswa jurusan siswa jurusan Pemasaran dan Multimedia, 4) Untuk mengetahui perbandingan minat berwirausaha antara siswa jurusan siswa jurusan Pemasaran dan Produksi Grafika, dan 5) Untuk mengetahui perbandingan minat berwirausaha antara siswa jurusan Multimedia dengan Produksi Grafika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif komparatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan Pemasaran, Multimedia dan Produksi Grafika di SMKN 2 Kota Jambi, dengan sampel yaitu 42 siswa Pemasaran, 44 siswa Multimedia dan 35 siswa Produksi Grafika. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket mengenai minat berwirausaha yang berjumlah 37 item. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2017. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan uji beda Kruskall Walls dengan bantuan program SPSS release 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa jurusan Pemasaran (79%) berada dalam kategori tinggi untuk berwirausaha. Multimedia sebagian besar (57%) berada dalam kategori tinggi untuk berwirausaha dan untuk Produksi Grafika sebagian besar (64%) juga memiliki minat yang tinggi untuk berwirausaha. Kemudian terdapat perbedaan yang signifikan minat berwirausaha antara siswa jurusan pemasaran, multimedia dan produksi grafika dengan p value = 0,001 < 0,05. Berdasarkan uji Kruskall Walls, jurusan Multimedia memiliki minat berwirausaha paling baik dibuktikan dengan mean reank sebesar 72,33. Sedangkan Pemasaran yaitu 63,98 dan 43,19 untuk Produksi Grafika (P < M > PG). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diatas, peneliti berharap kedepannya sekolah dapat memberikan pembinaan dan pelatihan yang lebih lagi terhadap siswa dan juga rutin membuat acara-acara yang dapat menjadi wadah untuk siswa berwirausaha agar nantinya siswa dapat berwirausaha ketika lulus dari SMK.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: RENNY NOPRIANTI
Date Deposited: 07 Mar 2018 02:10
Last Modified: 07 Mar 2018 02:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3537

Actions (login required)

View Item View Item