Lestari, Dewi Ayu (2022) Pengaruh kebijakan tanda tangan elektronik pada dokumen kependudukan terhadap kualitas pelayanan di Dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota Jambi. S1 thesis, Ilmu pemerintahan.
Text
SKRIPSI DEWI AYU LESTARI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
COVER DEWI.pdf Download (44kB) |
|
Text
Lembar persetujuan.pdf Download (269kB) |
|
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (253kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (191kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (913kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Download (193kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (400kB) |
Abstract
Pelayanan kepada masyarakat merupakan tujuan utama dari pemerintah dan sudah sewajarnya diselenggarakan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Diperlukan sebuah strategi dalam pelaksanaannya terutama pelayanan publik mengenai pemenuhan kebutuhan dasar hak masyarakat terkait dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Oleh karena itu, diperlukan metode agar lebih efektif dan efisien pada proses pelayanan di birokrasi terutama pembuatan dokumen kependudukan. Namun tidak mengurangi faktor akuntabilitas terhadap perubahan dokumen yaitu dengan menggunakan Tanda Tangan Elekroik (TTE). Pemerintah Kota Jambi khususnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL) telah menerapkan TTE pada pembuatan 18 dokumen kependudukan. Dengan waktu penyelesaian menggunakan TTE diperoleh hasil yang tidak begitu dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Proses penerbitan dokumen kependudukan tetap menghabiskan waktu yang hampir sama dengan tanda tangan manual hal ini berarti bahwa tidak ada perbedaan signifikan sebelum dan sesudah digunakannya TTE. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan (uji f) dan parsial (uji t) variabel Komunikasi (X1), Sumber Daya (X2), Disposisi (X3), Struktur Birokrasi (X4) terhadap kualitas pelayanan serta upaya DUKCAPIL dalam memaksimalkan pelayanan TTE. Metode penelitian menggunakan kuantitatif regresi linear berganda dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang dipilih berdasarkan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan (uji f) keempat variabel terhadap kualitas pelayanan. Secara parsial (uji t) variabel Disposisi (X3), dan Struktur Birokrasi (X4) berpengaruh terhadap kualitas pelayanan, sedangkan variabel Komunikasi (X1) dan Sumber Daya (X2), tidak memiliki pengaruh terhadap kualitas pelayanan. Adapun upaya DUKCAPIL untuk memaksimalkan pelayanan TTE adalah dengan melakukan sosialisasi menggunakan media sosial, website, media cetak koran, dan iklan, menyiapkan tablet dan laptop cadangan, meneydiakan jaringan LAN, BANDWITH, dan UPS untuk menjaga server tetap stabil, melakukan koordinasi melalui whatsapp dari Kepala Bidang dan Operator terkait jumlah dokumen yang akan ditanda tangani, dan terakhir dengan membuat fakta integritas. Kata Kunci: Tanda Tangan Elektronik, Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, Struktur Birokrasi, Kualitas Pelayanan
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government |
Depositing User: | LESTARI |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 03:46 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 03:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35376 |
Actions (login required)
View Item |