Pengembangan Media Pembelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung Berbantuan SketchUp 3D untuk Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK

Tarial, Tarial and Suratno, Suratno and Idrus, Ali (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung Berbantuan SketchUp 3D untuk Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. COVER LUAR TESIS TARIAL.pdf

Download (39kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI DAN DIREKTUR TESIS TARIAL.pdf

Download (227kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (194kB)
[img] Text
5. ABSTRAK TESIS TARIAL.pdf

Download (124kB)
[img] Text
12. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN TESIS TARIAL.pdf

Download (117kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA TESIS TARIAL.pdf

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini diadakan dengan latar belakang adanya kesenjangan antara tujuan SMK dengan rendahnya hasil belajar siswa. Dimana tujuan SMK adalah untuk memberikan bekal kemampuan siap kerja kepada siswa sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan persyaratan yang dianut oleh dunia industri dan dunia kerja, namun pada kenyataannya masih banyak siswa SMK belum mengusai kompetensi yang seharusnya dimiliki. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan media konstruksi dan utilitas gedung berbantuan SketchUp 3D untuk kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan SMK serta mengetahui kelayakan media yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan berupa model pengembangan yang dikemukakan oleh Lee & Owens terdiri dari 5 tahap pengembangan, yaitu: 1) assessment and analysis, 2) design, 3) development 4. implementation, dan 5) evaluation. Hasil dari penelitian ini berupa produk media pembelajaran gambar konstruksi dan utilitas gedung yang dibuat di aplikasi SketchUp 3D yang terdiri dari gambar denah pendasi, sloof, kolom, balok, pelat beton, kusen pintu dan jendela, rangka atap, dan plafon. Produk ini melalui proses validasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi. Subjek uji coba adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan SMK Negeri 3 Tebo yang terdiri dari 6 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 26 orang siswa uji coba kelompok besar. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh skor 77 (96,25 %) dengan kriteria “sangat layak”, hasil validasi ahli media memperoleh skor 76 (95 % ) dengan kriteria “sangat layak” dan hasil validasi praktisi memperoleh skor 94 (94 %) dengan kriteria sangat layak. Selanjutnya Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor 338 (93,89 %) dengan kriteria “sangat baik” dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 1467 (94,04 %) dengan kriteria “sangat baik”. Selanjutnya tanggapan dari guru mata pelajaran memperoleh skor 58 (96,67 %) dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba yang telah dilakukan, maka disimpulkan media pembelajaran konstruksi dan utilitas gedung untuk kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan SMK yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SMK.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Konstruksi dan Utilitas Gedung, SketchUp.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: TARIAL
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:45
Last Modified: 21 Jun 2022 03:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35378

Actions (login required)

View Item View Item