Wiranti, Lisna (2022) Pengembang e-komik Kimia Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Ikatan Kimia kelas X MIPA SMA. S1 thesis, Universitas jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI LISNA WIRANTI (A1C118001) FIKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (472kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (211kB) |
Abstract
Wiranti, Lisna. 2022. “Pengembangan e-komik Kimia Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X MIPA SMA”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M.Kes (II) Drs. Affan Malik, M.E Kata Kunci: e-komik, Kimia, Kontekstual, katan kimia Komik merupakan salah satu bentuk media pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran yang disampaikan guru disekolah. Komik terdiri dari beberapa jenis: seperti kartun, komik potongan, buku komik dan komik online. Peneliti kali ini mengembangkan media pembelajaran berupa komik kimia online (e-komik kimia). Media pembelajaran berupa e-komik kimia ini dapat digunakan dalam membantu guru untuk menyampaikan materi didalam kelas secara kontekstual serta dapat dipelajari secara mandiri dan kelompok oleh siswa. Komik online (e-komik) juga merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan dengan biaya yang relative lebih murah dibandingkan media cetak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran e-komik kimia berbasis pendekatan kontekstual pada materi ikatan kimia, kelayakan media pembelajaran e-komik kimia berbasis pendekatan kontekstual pada materi ikatan kimia serta mengetahui penilaian praktisi dan tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran e-komik kimia berbasis pendekatan kontekstual pada materi ikatan kimia. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Hannafin and Pack. Peneltian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (development) yaitu sebatas uji coba kelompok kecil. Instrument penelitian yang digunakan adalah pedoman hasil wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta dinilai oleh guru sebagai penilai praktisi untuk kemudian diuji cobakan kepada peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif berupa komentar dan saran serta analisis kuantitatif berupa skor jawaban dan persentase. Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran berupa e-komik kimia atau komik elektronik berbasis pendekatan kontekstual pada materi ikatan kimia, yang telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dengan total skor penilaian masing-masing adalah 59 dan 64 dengan kategori sangat layak, sehingga dapat untuk diuji cobakan. Selanjutnya hasil penilaian dari tiga praktisi, yaitu tiga guru mata pelajaran kimia mendapat masing-masing skor sebesar 44, 63 dan 70 dengan kategori layak, menyatakan media pembelajaran e-komik kimia yang dikembangkan telah sesuai dan baik digunakan. Serta respon peserta didik mendapat persentase sebesar 98,73% dalam kategori sangat baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-komik, kontekstual, kimia, ikata kimia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Wiranti |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 04:13 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 04:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |