Nur Hikmah, Aisyah (2022) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN LISTRIK ARUS SEARAH PADA SISWA SMA N 8 MERANGIN. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI REPOSITORY.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki oleh siswa kelas XII MIA di SMA Negeri 8 Merangin dalam menyelesaikan permasalahan pada topik materi listrik arus searah. Penelitian ini menggunakan metode campuran sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah eksplanatori sekuensial. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data kuantitatif yang didapat dari pemberian soal tes terhadap siswa dan data kualitatif yang didapat dari hasil wawancara terhadap beberapa siswa yang dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara dua kali. Pertama adalah pengambilan sampel untuk menentukan siswa yang menjadi sampel tes kemampuan pemecahan masalah sedangkan untuk pengambilan sampel kedua dilakukan untuk menentukan siswa yang dipilih sebagai perwakilan untuk melakukan tes wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XII MIA SMA Negeri 8 Merangin tergolong rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata (mean) skor tes yang kurang memuaskan yaitu 25,5 dimana dari sebanyak 90 orang siswa diperoleh sebanyak 1 orang siswa (1%) termasuk ke dalam kategori “sangat baik”, 1 orang siswa (1%) termasuk kedalam kategori “baik”, 2 orang siswa (2%) termasuk kedalam katergori “cukup” dan 86 orang siswa (96%) yang masuk kedalam kategori “sangat kurang”. Hasil analisis wawancara yang peneliti lakukan dengan siswa yang telah dipilih sebelumnya menunjukkan bahwa siswa yang termasuk dalam kategori “sangat baik”, dan “baik” paham dengan apa yang telah dikerjakan dan mampu menjelaskan kembali pada saat wawancara. Sedangkan untuk siswa yang termasuk pada kategori “cukup” hanya menyebutkan kembali jawaban yag telah ditulis dan tidak paham dengan apa yang mereka kerjakan. Dan untuk siswa yang termasuk ke dalam kategori “sangat kurang” bahkan tidak mampu menjawab pertanyaan yang tersedia, siswa cenderung mengatakan tidak paham akan materinya dan mengatakan lupa dengan apa yang mereka jawab ketika diwawancara. Dari hasil analisis wawancara tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa yang termasuk kedalam kategori “sangat kurang” menjawab pertanyaan dengan asal ataupun hanya melihat jawaban teman yang sudah mendapatkan jawaban terlebih dahulu.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Listrik Arus Searah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Hikmah |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 06:47 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 06:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |