Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dengan Tema Lingkunganku Pada Anak Usia Dini Di TK Negeri Sungai Bengkal Tahun Ajaran 2021/2022

Alvionita, Putri Okta (0007) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dengan Tema Lingkunganku Pada Anak Usia Dini Di TK Negeri Sungai Bengkal Tahun Ajaran 2021/2022. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN (2).pdf

Download (461kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (413kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (406kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang bersifat konvensional serta penggunaan metode ceramah membuat siswa menjadi cepat bosan dan kurang menarik perhatian anak pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Sehingga menyebabkan kegiatan belajar mengajar ini menjadi kurang efektif untuk meningkatkan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti, bahwa untuk sarana dan prasarananya sangat mendukung dalam menerapkan pembelajaran dengan menggunakan teknologi. Salah satu media yang efektif dalam proses pembelajaran anak usia dini media video animasi. Adapun tujuan penelitian adalah mengembangkan media pembelajaran video animasi dengan tema lingkunganku sub tema rumah di TK Negeri Sungai Bengkal, mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi dengan tema lingkunganku sub tema rumah di TK Negeri Sungai Bengkal, mengetahui respon guru dan mahasiswa PG PAUD terhadap media video animasi dengan tema lingkunganku, mengetahui minat peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dilakukan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development of Production, Implementation or Delivery, and Evaluation). Data di peroleh dari angket terbuka dan angket tertutup. Dengan cara menyebarkan angket kepada responden dengan membagikan hardcopy. Responden sebanyak 103 orang terdiri dari mahasiswa, guru dan peserta didik. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, media video animasi sudah layak dikembangkan. Setelah proses ahli media dilakukan sebanyak 2 kali. Hasil validasi I ahli media di peroleh pesentase sebesar 96% sedangkan validasi II di peroleh pesentase sebesar 100% kategori “sangat baik”. Hasil validasi I ahli materi diperoleh persentase sebesar 67% dan Validasi ke II sebesar 69% dilakukan validasi tahap III diperoleh persentase sebesar 96,1% kategori “sangat baik”. Selanjutnya diujicobkan kepada 9 orang responden guru diperoleh hasil pesentase sebesar 96% dalam kategori “sangat baik”. Hasil angket mahasiswa diperoleh persentase sebesar 94% dengan kategori “sangat baik. Lalu menggunakan lembar observasi untuk mengetahui minat anak terhadap media video animasi dengan 4 aspek penilaian. Hasil yang diperoleh bahwa media yang digunakan dapat menarik minat anak usia dini. Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran video animasi dengan tema lingkunganku pada anak usia dini dinyatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: ALVIONITA
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:25
Last Modified: 21 Jun 2022 06:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35395

Actions (login required)

View Item View Item