STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KENDALA PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 20 KOTA JAMBI

TRIANA, MEYLA (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KENDALA PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 20 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (321kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran daring, serta strategi yang dapat digunakan untuk menghadapi kendala- kendala dalam pembelajaran daring di SMP Negeri 20 Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 20 Kota Jambi pada Februari 2022. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (Case Study). Teknik yang digunakan pada saat pengumpuan data yaitu dengan teknik purpose sampling. Wawancara secara mendalam dengan narsumber dilakukan untuk mengumpulkan data. Adapun narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan 4 guru wali kelas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi oleh guru selama pembelajaran online meliputi: kurang pemahaman siswa, kurangnya fasilitas belajar, kuota yang terbatas, serta keterbatasn sinyal. Adapun strategi yang dilakukan guru dalam mebghadapi kendala-kendala tersebut adalah: melakukan pengkodisian belajar, membangun kedisiplinan, memberikan video pembeajaran pada sat pembelajaran dilakukan, pemberian tugas, melakukan penilaian, mengunakan metode pembelajaran, menggunakan sumber beajara yang menunjang pembelajaran, memberikan motivasi, menggunakan perangkat pembelajaran, mengakitkan pembelajaran, membuat kelompok kecil, membanun komunikasi yang baik, melakukan sesi tanya jawab, menggunakan media pembelajaran yang menunjang, melakukan kerja sama dengan orang tua peserta didik, serta menyampaikan tujuan pembelajaran. Kata Kunci : Strategi Guru, Kendala Pembelajaran Daring

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kendala Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Triana
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:08
Last Modified: 21 Jun 2022 07:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35400

Actions (login required)

View Item View Item