Sri Muryati, Ika (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATERI MICROSOFT WORD MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO UNTUK MENINGKATKAN LITERASI ICT SISWA SMP. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Absrak.pdf Download (853kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan halaman pengesahan.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (846kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Muryati, ika sri .2022.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Microsoft Word Menggunakan Aplikasi Edmodo Untuk Meningkatkan Literasi Ict Siswa Smp. Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Jambi Pembimbing: (I) Prof. Dr . Drs. Ali Idrus, MPd., ME. (II) Dr. Nizlel Huda, M. Kes. Kata Kunci: Bahan Ajar; Edmodo; E-learning; Literasi ICT ; Covid-19 Kebijakan SMPN 17 Tanjung Jabung Timur pasca Covid-19 menyatakan pembelajaran pembatasan pertemuan 50% tatap muka dan 50% online kebijakan ini membutuhkan bahan ajar tepat dalam pembelajaran blended pasca covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan di Sekolah untuk mendukung pembelajaran E-learning untuk meningkatkan kemampuan Literasi ICT siswa yang berdasarkan pada analisis kebutuhan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP dan LKPD. Jenis Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan. Desain yang digunakan adalah ADDIE dimana terdapat lima tahap diantanya analisis; menggali informasi tentang masalah pembelajaran dan kebutuhan pembelajaran disekolan, Design; mendapatkan draf awal RPP dan LKPD. Develop; menghasilkan bahan ajar e-learning berbantuan Edmodo berdasarkan saran dan penilaian dosenndan guru profesional, Implementasi yaitu tahap uji cobaalapangannterbatas dan uji coba kelompok besar dengan kelas VIII di SMPN 17 Tanjung Jabung Timur, dan tahap akhir adalah Evaluasi; dilakukan di setiap tahap untuk perbaikan Produk. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 17 Tanjung Jabung Timur yang mengalami kendala yaitu kekurangan bahan ajar penunjang pembelajaran campuran/ blended, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas VIII di SMPN 17 Tanjung Jabung Timur yang dilibatkan dalam uji coba luas. Hasil penelitian menunjukkan Perangkat pembelajaran layak berdasarkan validasi isi oleh ahli,setiap indikator dengan Katergori Sangat Baik. uji coba kelompok kecil menunjukan setiap indikator berkategori Sangat Baik. Pada uji coba implementasi yang bertujuan mengetahui ketercapaian Keterampilan Literasi ICT siswa Hasil menunjukan bahwa terdapat ketercapaian Keterampilan Literasi ICT yang tinggi dimana pada semua indicator Literasi ICT mendapatkan kategori Sangat baik dengan ketercapaian diatas 80%.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Bahan Ajar; Edmodo; E-learning; Literasi ICT ; Covid-19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Muryati |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 03:46 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 03:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35430 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |