PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN METAPHORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X MIA 1DI SMAN 7 KOTA JAMBI PADA TAHUN 2017

YUHANA, YUHANA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN METAPHORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X MIA 1DI SMAN 7 KOTA JAMBI PADA TAHUN 2017. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN METAPHORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X MIA 1DI SMAN 7 KOTA JAMBI PADA TAHUN 2017. (Submitted)

[img] Text
RRA1C311013 - ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan berpikir kreatif siswa kelas X MIA1 menggunakan model Metaphorming SMAN 7 Kota Jambi materi Momentum Impuls. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi/analisis. Pengumpulan data menggunakan metode tes merupakan serentetan pertanyaan digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan (data kuantitatif), lembar observasi siswa dan guru untuk aktifitas siswa dan guru (data kualitatif). Hasil penelitian menunjukan terjadinya peningkatan berpikir kreatif siswa, dapat dilihat nilai rata-rata yang diperoleh siswa persiklusnya. Nilai siklus I 55.1, siklus II 64.7 dan siklus III 75.1. Meskipun peningkatan tersebut tidak terjadi secara signifikan hal tersebut karena siswa masih kurang memperhatikan guru, kurang memahami pelajaran dan guru kurang memotivasi siswa untuk belajar lebih giat. Untuk itu guru perlu meningkatkan lagi proses pembelajaran dan memperhatikan siswa saat proses belajar mengajar berlangsung. Kata kunci: Berpikir Kreatif, Metaphorming.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: YUHANA
Date Deposited: 07 Mar 2018 06:37
Last Modified: 07 Mar 2018 06:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3546

Actions (login required)

View Item View Item