SILALAHI, HENI GIRLBET (2022) TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN UMUM DAERAH (PERUMDA) AIR MINUM TIRTA MUARO JAMBI TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN DALAM PELAYANAN AIR MINUM DI KABUPATEN MUARO JAMBI. S1 thesis, ilmu hukum.
![]() |
Text
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
Persetujuan.pdf Download (635kB) |
![]() |
Text
Pengesahan.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Kesimpulan.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (757kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui dan menganalis pelaksanaan tanggung jawab Perumda Air Minum Tirta Muaro Jambi terhadap pemenuhan hak-hak konsumen dalam pelayanan air minum, 2) Untuk mengetahui dan menganalisis upaya penyelesaian sengketa yang dilakukan Perumda Air Minum Tirta Muaro Jambi terhadap kerugian yang dialami konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis empiris. Penelitian ini bersifat deskriptif, tata cara pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1). Tanggung jawab Perumda Air Minum Tirta Muaro Jambi merupakan tanggung jawab mutlak (strict product liability) namun dalam pelaksanaannya Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Muaro Jambi belum bertanggung jawab secara mutlak dalam pemenuhan hak-hak konsumen dalam pelayanan air minum. Masih ada sebanyak 115 keluhan yang belum ditanggapi atau sejumlah 46% dari 246 pelanggan Perumda Air Minum Tirta Muaro Jambi yang melaporkan keluhan. 2) Perumda Air Minum Tirta Muaro Jambi telah berupaya dalam penyelesaian tuntutan konsumen terhadap kelalaian yang dilakukan Perumda Air Minum Tirta Muaro Jambi, namun belum maksimal. Upaya yang dilakukan Perumda Air Minum Tirta Muaro Jambi adalah a. Melakukan pemeriksaan ke lokasi apabila terjadi kebocoran pipa; b. Mencari tahu penyebab terjadinya pembayaran yang mahal; c. Mengganti water meter pelanggan apabila terjadi kerusakan akibat kelalaian Perumda Air Minum Tirta Muaro Jambi. Serta upaya penyelesaian sengketa yang pernah ada di Perumda Air Minum Tirta Muaro Jambi adalah dengan cara berdamai atau negosiasi. Kata Kunci: Tanggung Jawab; Konsumen; Air Minum.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | SILALAHI |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 02:00 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 02:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35474 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |